• LiveSmart Indonesia

Yuma, Apple App Developer berusia 10 Tahun Dari Indonesia

Updated: Apr 5, 2019



Kebanyakan anak berusia 10 tahun masih berusaha mencari tahu apa kesenangan/hobby mereka. Bahkan tidak sedikit yang belum tahu tujuan mereka dalam hidup. Namun anak yang satu ini, Yuma Soerianto, telah berhasil menemukan minatnya dan telah membuat aplikasi hingga dipuji-puji oleh CEO Apple, Tim Cook!


Yuk kenali lebih jauh cerita mengenai Yuma!


Sejak usianya enam tahun, Yuma mulai tertarik dengan dunia coding atau pemrograman berbasis komputer. Ia mulai belajar coding secara otodidak dengan cara menonton video-video di youtube. Menurutnya, saat itu pekerjaan rumah atau PR yang diberikan di sekolah kurang menantang.


Yuma yang kini bersekolah di SD Middle Park Primary School di Melbourne, Australia ini juga eksis di youtube dengan nama Anyone Can Code. Pada akun youtubenya, ia mengatakan bahwa dirinya ingin mengajarkan coding kepada semua orang yang berminat. “Saya ingin membuat aplikasi yang bisa merevolusi dunia. Dan saya ingin mengajarkan dunia coding,” ungkapnya.


Nama Yuma mulai terdengar saat ia dipuji oleh Tim Cook pada Worldwide Developers Conference di San Jose, Amerika Serikat. Tim memuji Yuma karena ia berhasil membuat aplikasi untuk membantu orang tuanya menentukan harga sebuah barang. Dimana harga ini sudah termasuk harga yang sesuai dengan pajak dan harga penjual lokal sekaligus sudah dikonversi ke mata uang yang akan digunakan. Luar biasanya, aplikasi ini berhasil dibuat oleh Yuma hanya dalam waktu satu jam selama penerbangannya dari Australia ke Amerika Serikat!


Dari Yuma, kita bisa belajar bahwa kesuksesan dapat diraih bahkan di usia muda. Selama kita punya tujuan dan keinginan yang kuat, serta tidak mudah menyerah, pasti kita akan meraih kesuksesan tersendiri.


Setiap orang pun mempunyai timelinenya sendiri-sendiri. Jangan takut dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, justru kesuksesan orang lain dapat dijadikan motivasi yang besar untuk kesuksesan kita sendiri!


Kamu bisa visit website Yuma di sini

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

5 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle