• LiveSmart Indonesia

Trend Kerja #2 – Makeup Artist

Updated: Apr 4, 2019

Pekerjaan yang satu ini sebenarnya sudah ada puluhan tahun yang lalu. Hanya saja, peran-peran dalam pekerjaan ini baru bermunculan dengan jumlah banyak dalam beberapa tahun terakhir ini.



Sebenarnya apa sih, Makeup Artist itu?


Makeup Artist ialah peran yang membantu untuk merias tokoh/peran yang dimainkan oleh orang lain. Jenisnya ada banyak, misalnya makeup artist dalam bidang:

· Fashion

· Bridal

· Theatrical

· Special Makeup Effect

· Dan lainnya.


Makeup Artist berperan banyak dari peran yang natural dan sehari-hari, sampai yang aneh-aneh deh! Contohnya aktor dan aktris yang memerankan sebuah makhluk dalam suatu film, mereka akan butuh bantuan dari Makeup Artist untuk mendukung visual dari diri mereka sendiri.


Jurusan kuliahnya pun ada tersendiri, yaitu Makeup Artist. Biasanya jurusan ini terdiri dari beberapa tingkat. Tingkat pertama yaitu basic makeup atau makeup untuk sehari-hari. Untuk tingkat selanjutnya yaitu makeup untuk pengantin yang memerlukan detail lebih tinggi. Hingga tingkat yang paling atas yaitu makeup untuk special effect yang dimana sang makeup artist dapat ‘mengubah’ penampilan seseorang menjadi yang diinginkan bukan hanya dari wajahnya saja, namun badannya juga!


Mengapa Makeup Artist banyak diminati akhir-akhir ini? Memangnya pekerjaan ini menjanjikan ya?

Pekerjaan ini cukup menjanjikan lho, karena beberapa hal di bawah ini:


1. Tidak semua orang bisa merias wajah

Apalagi Makeup Artist ini termasuk dalam kategori seni ya, tidak semua orang mempunyai selera seni yang tinggi untuk menjadi Makeup Artist yang professional. Apabila kamu salah satu yang mempunyai nilai seni tinggi, hal ini akan menguntungkan sekali apabila kamu menjadi Makeup Artist.


2. Penghasilan tinggi

Penghasilan dari Makeup Artist tergolong di atas rata-rata. Tentunya juga bervariasi dari lamanya pengalaman yang kamu punya, dan teknik serta kualitas dari merk kosmetik yang kamu gunakan untuk klien ya.


3. Lifestyle dan dunia fashion yang tidak ada habisnya

Kesempatan atau peluang kerja Makeup Artist sangatlah banyak, apalagi makeup adalah satu hal yang hanya dapat dipakai sekali. Jadi apabila kamu sudah memiliki klien yang rutin, pekerjaan kamu menjadi lebih terjamin!


Apakah kamu tertarik untuk menjadi Makeup Artist sekarang?

Tonton juga video berikut tentang apa yang kalian mau lakukan setelah kuliah ya!


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

5 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA