• LiveSmart Indonesia

Tipe-Tipe Parenting yang Dilakukan Orang Tua Zaman Now? Apa Aja Sih?

Updated: Sep 9


tipe parenting dan tipe anak zaman now

Menjadi orang itu sulit ya? Memang, terlebih lagi jika anak sudah beranjak remaja dan dewasa. Dan ada banyak cara yang dilakukan orang tua untuk mendidik anaknya agar menjadi pribadi yang baik dan membanggakan ketika sudah dewasa. Coba kita liat beberapa tipe atau cara orang tua dalam mendidik orang tua yuk!

1. Authoritarian Parenting. Authoritarian Parenting atau pengasuhan otoriter adalah jenis pengasuhan yang menuntut anak-anak untuk mengikuti perintah-perintah orangtua.Orangtua dengan pola pengasuhan seperti ini cenderung menggunakan disiplin yang keras.Seringkali mereka menggunakan hukuman untuk mengendalikan perilaku anak-anak.

Orangtua otoriter cenderung kurang responsif terhadap kebutuhan anak-anak mereka.

Contohnya: ketika sang anak melakukan kesalahan, daripada berfokus kepada cara agar anak memahami kenapa anak tersebut melakukan kesalahan, mereka biasanya berfokus atas kesalahan apa yang anak nya lakukan, dan menghukum anaknya dengan keras.


2. Authoritative Parenting. Orangtua dengan pola pengasuhan seperti ini memiliki harapan yang tinggi agar buah hatinya tumbuh menjadi anak-anak yang berprestasi.Mereka menetapkan peraturan dan menerapkan batasan dengan membuka diskusi dengan anak-anak. Sehingga sewaktu membuat peraturan tidak akan hanya berbicara satu arah.

Orangtua dengan pola pengasuhan seperti ini akan memberi kebebasan dan dukungan terhadap apa yang dilakukan anak-anaknya.


3. Permissive parenting. Orangtua dengan pola pengasuhan seperti ini tidak terlalu banyak memberikan aturan dan batasan kepada anak-anaknya. Mereka sangat hangat dan memanjakan buah hatinya. Orangtua seperti ini akan menghindari hal-hal yang bisa mengecewakan anaknya.


4. Neglectful Parenting. Orangtua dengan tipe pengasuhan seperti ini tidak menetapkan batasan secara tegas.Mereka tidak menerapkan standar yang sangat tinggi untuk anak-anaknya.Orangtua seperti ini cenderung acuh terhadap kebutuhan anak-anaknya dan tidak terlibat dalam kehidupan mereka.Hal ini dikarenakan mereka telah memiliki masalah mental tersendiri.Seperti depresi, penganiayaan fisik atau pengabaian anak saat mereka masih kecil.


Nah kalau kalian mau pilih metode pengasuhan yang mana nih?

  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle