• LiveSmart Indonesia

Teknik Berbicara/Berkomunikasi Dengan Anak



Apapun yang kita ucapkan dan dalam bentuk apapun itu, semuanya akan berpengaruh pada proses perkembangan anak kita. Mulai dari kebiasaan hingga gaya bicara, sang anak akan cenderung untuk lebih ‘menjiplak’ orang tuanya. Maka dari itu, sebenarnya sangat crucial lho parents, bahwa kita harus dapat memilih teknik-teknik yang tepat ketika berbicara dengan anak kita. Apa saja sih contoh yang tepat?


1. Selalu Dengarkan Anak

Ketika anak kita mengajak kita mengobrol, ada baiknya kita pause sebentar kegiatan yang sedang dilakukan. Karena dengan begitu anak akan berpikir bahwa kita peduli dan menyediakan waktu untuk mereka. Dan dengan mendengarkan anak, kita dapat lebih mengetahui apa saja yang sedang terjadi atau mereka rasakan dalam sehari-harinya.

Dan ketika mereka share sesuatu dengan kita, alangkah baiknya apabila kita juga terbuka untuk mendengarkan. Karena terkadang kita hanya ingin didengar, bukan untuk diceramahi. Kata-kata yang dapat digunakan contohnya:

“Wah, coba cerita sama mama. Mama mau dengerin”


2. Menggunakan Intonasi/Nada Bicara yang Halus

Emosi yang meninggi sangatlah wajar ketika sang anak melakukan kesalahan. Namun apabila kita memarahi mereka dengan berteriak, sang anak tidak akan mengerti akan pelajaran yang didapat, melainkan hal itu akan menimbulkan trauma pada anak dan membuatnya menjauhkan diri secara perlahan dan bahkan menumbuhkan rasa tidak suka pada kita.


Menegur anak ketika mereka melakukan kesalahan memang sangatlah penting. Namun ada berbagai macam cara untuk mengutarakannya tanpa membuat anak kita takut. Akan lebih baik apabila kita juga bisa memberikan teguran yang konstruktif, misalnya mengajak anak berdiskusi dan memberitahu mereka mengapa mereka salah dan beritahulah konsekuensi yang dapat terjadi. Dengan begitu sang anak akan menjadi lebih mengerti dan terbiasa untuk berpikir sebelum melakukan hal berikutnya, serta belajar untuk mendengarkan dan percaya saat kita berbicara pada mereka dengan jujur dan tenang. Toh pada akhirnya, mereka ini anak-anak kita yang sedang tumbuh berkembang dan belajar, kan?


3. Menjadi Sumber Semangat Untuk Anak

Ketika anak-anak kita mau sharing semua hal yang mereka alami atau rasakan, seharusnya mereka merasa lega, bukan merasa bersalah karena merasa mereka mengecewakan orang tuanya. Hal yang paling simple untuk memicu hal ini yaitu ketika kita langsung dengan mudahnya menghakimi anak tanpa melihat dari sudut pandang lain.

Ketika mereka datang menceritakan masalah, ada baiknya kita membuka telinga dan menghibur mereka contohnya: “Mama yakin kamu pasti bisa!”, “Setiap masalah pasti ada solusinya, dan mama selalu ada untuk bantu kamu”, “Yuk kita coba diskusikan solusi terbaiknya”, “Dulu mama juga pernah ,lho”


4. Biarkan Anak Menyelesaikan Pembicaraannya

Terkadang, 1 cerita yang dibawakan oleh anak kita membuat 100 pertanyaan yang ingin kita lontarkan. Bahkan sebelum sang anak selesai bercerita, kita memotong pembicaraan mereka untuk bertanya lebih lanjut mengenai mereka. Hal ini dapat membuat anak merasa terpojok, dan tidak tahu harus mendapat penguatan dari mana.


Saat seperti ini, setelah banyak mendengar, baiknya kita tanya baik-baik mengapa hal tersebut bisa terjadi. Lalu kita tanya ke anak, bagaimana solusi yang bisa dilakukan. Nah, di sinilah kita berperan untuk membantu mengarahkan anak untuk mendapatkan solusi terbaik.


5. Berani Minta Maaf ke Anak

Jika kita mengatakan sesuatu atau melakukan sesuatu yang mungkin kurang baik di depan anak, segera katakan maaf. Akui bahwa kita sebagai orang tuanya juga manusia dan bisa membuat kesalahan.


Kadang-kadang, meskipun kita yang berbuat salah, karena alasan gengsi kita malas minta maaf dan malah mencari kambing hitam. Jika ini masih kita lakukan, yuk kita buang kebiasaan buruk ini. Karena anak akan belajar dari hal-hal yang kita lakukan.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

61 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle