• LiveSmart Indonesia

'Stress' Penyebab Utama Penyakit? Masa Sih?


Penelitian menunjukan hubungan stress dengan penyakit-penyakit serius. Apa aja sih? Mulai dari penyakit yang ringan seperti sakit kepala, flu dan gangguan tidur ringan sampai dengan penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung disebabkan oleh stress.


Biasanya stress bukan hanya menimpa orang dewasa, namun juga anak-anak ataupun remaja yang sedang menghadapi ujian dan permasalahan di sekolah.


Bahkan survei terbaru dari American Psychological Association (APA) menunjukan remaja sekarang lebih mudah mengalami stres akibat pola hidup seperti orang dewasa.

Survei tersebut juga mengatakan bahwa stres remaja lebih mungkin meningkat dibandingkan orang dewasa dan itu mempengaruhi kesehatan mental dan fisik mereka.


Lalu, bagaimana sih cara mengatasi stress?


  • Konsumsi makanan sehat

Meskipun sedang stres, kita perlu makan makanan yang sehat juga. Anda bisa mengkonsumsi alpukat, berry, kacang mede, yogurt, atau jeruk

Makanan-makanan sehat tersebut dapat membantu mencegah kita merasakan kondisi pusing pikiran dan tertekan berkepanjangan. Selain itu juga, makanan makanan tersebut mengandung nutrisi baik yang telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan kadar hormon kortisol, dan meningkatkan kadar hormon serotonin (hormon bahagia).


  • Bicaralah dengan terapis profesional

Konseling ke terapis psikologis juga dapat menjadi salah satu usaha atau cara kita bisa menghilangkan stress. Curhat ke psikolog juga dapat membantu kita mencari cara menghilangkan masalah tekanan psikologis. Kalian gak perlu malu untuk pergi ke psikiater atau psikolog, karena mereka bisa membantu kamu memecahkan masalah yang sebelumnya membuat kamu terbebani dan akhirnya menjadi stress.


  • Istirahat yang cukup

Tidur dan istirahat cukup bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stress. Sebetulnya, ini adalah pencegahan agar tubuh dan pikiran tidak gampang merasa tertekan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur bisa mengacaukan mood serta kinerja otak. Jika mengalami tekanan psikologis dan kurang tidur, tubuh akan semakin kewalahan untuk mempertahankan diri terhadap serangan penyakit. Maka, usahakan untuk tetap tidur yang cukup setiap malam ya guys.

Nah, makanya mulai sekarang kurang-kurangi deh beban pikiran yang negatif guys. Dari pada jadi stres, terus sakit kan gak enak. Sempatkan waktu untuk melakukan hobby kalian supaya mood kalian jadi baik dan terhindar dari stress.


Article By: Ariella Setiawan


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

23 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle