• LiveSmart Indonesia

Sering Bertengkar Dengan Orang Tua?



Apakah kalimat, “Dulu waktu jamannya papa ……” , “Waktu kakek masih ada, mama selalu disuruh gini …” atau mungkin “Papa dulu gak bisa masuk Fakultas Kedokteran, sekarang ada kesempatan nak, kamu gak mau?” terkadang lewat saat keluarga kalian berbincang?


Setiap keluarga pasti pernah mengalami konflik antara anak dan orangtua. Konflik seringkali terjadi karena ada batasan wilayah antara anak dan orangtua.


Lalu bagaimana agar pertengkaran dapat dihindari?


1. Kita dan orangtua lebih baik meluangkan waktu untuk duduk bersama dan membahas masalah.

Masalah yang dihindari tidak akan selesai dengan sendirinya. Sebagai individu yang belajar dewasa, kita harus belajar membuat kompromi dengan orangtua. Konflik antara anak dan orangtua lebih banyak bersumber dari makian, selaan dan merendahkan opini satu sama lain. Oleh karena itu, kita harus sepakat dengan orangtua bagaimana diskusi berjalan. Contohnya, memperhatikan dengan seksama tanpa main gadget, memberikan kata-kata positif terlebih dahulu baru memberi kritik, dan menghindari nada tinggi.


2. Fokus pada masalah yang sedang terjadi, daripada sibuk berpikir bahwa orangtuamu adalah orangtua yang buruk. Hindari membuat orangtua merasa bersalah dengan hal-hal diluar masalah. Fokus pada penyelesaian akan mempercepat hubungan damai kalian karena tidak ada lagi masalah diantara kalian yang mengganjal.


3. Melihat permasalahan tersebut dari sudut pandang orangtua. Kita harus belajar untuk melihat masalah dari kacamata orang lain. Kita harus belajar meredam harapan bahwa keputusan mereka adalah keputusan yang terbaik. Belajarlah untuk melihat dari berbagai sebelum membuat keputusan. Terlebih keputusan-keputusan yang berkaitan dengan harapan orangtua.

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

5 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle