• LiveSmart Indonesia

Pola Parenting Manakah yang Parents Gunakan?



Dalam mengasuh anak ada tipe pola asuh anak yang diterapkan tiap orang tua. tidak bisa dikatakan mana yang paling benar dan mana yang salah karena kembali lagi ini adalah pilihan masing-masing orang tua untuk anaknya.

Namun ada 4 Jenis tipe pareting yang parents wajib tau nih, apa saja sih?


1. Authoritarian Parenting

Pola ini menetapkan orang tua yang membuat aturan dan akan ada konsekuensi jika dilanggar. Opini anak tidak terlalu di dengar oleh orang tua karena kebenaran hanya ada di orang tua. Biasanya membuat anak menjadi tertutup karena tidak pernah di berikan kesempatan untuk beropini.

Efek penerapan tipe pola asuh ini, anak bisa tumbuh jadi pribadi yang menentang. Pada anak yang penurut ketika figur otoriter hilang maka dia akan mencari figur otoriter lain yang bisa memberi perintah padanya


2. Authoritative Parenting

Tidak jauh dengan Authoritarian Parenting yang dimana orang tua yang menetapkan peraturan dan tetap adanya konsekuensi namun disini orang tua masih ingin mendengar opini anak dan akan berubah sesuai dengan situasi yang ada. Memang anak di perbolehkan untuk beropini, akan tetapi anak akan menjadi segan untuk mengutarakan opini mereka.

Pola asuh ini mendorong anak untuk menjadi independen, tetapi masih membatasi dan mengontrol tindakannya. Saling tukar pendapat diperbolehkan dan orang tua bersikap membimbing serta mendukung.


3. Permissive Parenting

Orang tua dan anak mempunyai kebijakan dan membuat peraturan bersama. Maka dari itu orang tua akan memiliki hubungan yang akrab dengan anak. Dampaknya membuat suasana rumah semakin harmonis.

Tipe pola asuh anak yang satu ini dikenal juga dengan helikopter parenting, di mana orang tua sangat berusaha memenuhi kebutuhan anaknya.


4. Uninvolved Parenting

Seperti namanya, uninvolved parenting ialah dimana orang tua sama sekali tidak terlibat dalam aktifitas anak baik di dunia nyata maupun maya. Mengakibatkan anak akan mudah memberontak dan kehilangan sosok orang tua.


Setiap pola parenting mempunyai sisi positif dan sisi negatif. Namun, sebagai orang tua kita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk masa depan anak kita. Dan sebenarnya, keempat2nya dapat kita terapkan sesuai dengan keadaan.


"Apa yang kita tanam, pasti akan kita tuai di masa yang akan datang. Dan sejatinya, apa yang kita perbuat akan kembali pada diri kita sendiri."

Kalau parents mengikuti tipe parenting yang mana nih?


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

8 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle