• LiveSmart Indonesia

Pintar di Akademis, Harus Banget?

Updated: Oct 11, 2019



"Bill Gates aja drop out bisa sukses, siapa lagi tuh, Mark Zuckerberg? Steve Jobs? Atau yang punya Twitter, Jack Dorsey?


Kalau mereka aja bisa sukses tanpa lulus, berarti aku nggak usah pintar-pintar banget di sekolah/kuliah nggak menjadi masalah dong?"


Eeeh, coba diputar dulu yuk cara pandangnya!


Pertama-tama, ada 2 macam skill yang perlu kita ketahui yaitu hard skill dan soft skill.


Hard skill adalah kemampuan kita dalam teori. Contoh paling gampangnya adalah subjek-subjek di sekolah kita seperti Matematika, Kimia, Sejarah dan lainnya.

Sedangkan soft skill lebih abstrak karena berbeda dari hard skill yang kita bisa ukur dari nilai, soft skill tidak diajarkan dalam kelas sekolah maupun kuliah, sehingga memang tidak ada sistem penilaiannya. Contoh dari soft skill yaitu kemampuan kita untuk berinteraksi dengan orang (interpersonal skill) dan kemampuan untuk mengatur diri sendiri (intrapersonal skill).


Interpersonal skills meliputi kemampuan berkomunikasi dengan orang, bekerja dalam kelompok, presentasi, menjaga hubungan yang baik dengan orang, dan semua keahlian yang berhubungan dengan bagaimana berinteraksi dengan orang lain.


dan


Intrapersonal skills adalah kemampuan untuk mengatur diri sendiri, seperti manajemen waktu, mengatasi stress, memotivasi diri sendiri, tanggung jawab, berpikir kreatif, percaya diri, proaktif dan kemampuan untuk membenahi diri sendiri untuk menjadi priadi yang positif.


Banyak orang yang sukses dan berpengalaman bicara soal soft skills lah yang membuat mereka dapat sukses saat ini. It is true!


Tapi kamu pernah mikir nggak, apa yang terjadi kalau kamu bisa menguasai kedua skill tersebut baik hard skills maupun soft skills?


You would be unstoppable!


Untuk gampangnya, kalian bisa lihat gambar di bawah ini mengenai apa yang dapat terjadi ketika kamu memiliki hard skill dan soft skill, dan juga sebaliknya:



Contoh gambar di atas adalah hasil paling ekstrim yang dapat terjadi.


Dengan hard skills dan dengan soft skills: Kamu akan bisa meraih impian atau tujuan hidupmu dengan lebih pasti! Kamu akan lebih fleksibel dalam segala macam bidang dan mendapatkan pilihan yang lebih banyak juga.


Dengan hard skills tanpa soft skills: Pengetahuanmu banyak, cara pikirmu pun sangat bagus. Namun, apabila kamu tidak bisa menyampaikan pikiran-pikiran cemerlang kamu kepada orang lain (kemampuan berkomunikasi yang baik) atau bahkan kamu tidak punya relasi dengan orang banyak (kemampuan berhubungan atau relasi), maka ide-ide atau pemikiran kamu hanya akan sia-sia dan alhasil, kamu akan terus mengikuti orang lain di sekitar kamu.


Dengan soft skills tanpa hard skills: Kebalikannya apabila soft skills kamu bagus namun hard skills kamu kurang yang terjadi adalah kamu dapat lebih mudah mendapat banyak relasi, lebih pandai berbicara kepada orang lain, dapat menyemangati diri sendiri, namun kurang memiliki kompetensi dalam dunia nyata. Ibarat peribahasa, "Tong kosong nyaring bunyinya".


Tanpa hard skills dan tanpa soft skills: Tanpa kedua skill tersebut, kamu akan cenderung terjebak di posisi yang sama dan susah untuk berkembang dan meraih apa yang kamu inginkan.


Pada intinya, gunakanlah kesempatan yang kalian miliki dengan sebaik mungkin. Berusahalah agar kalian dapat menguasai kedua skill tersebut karena dengan soft skill saja orang lain bisa sukses, bagaimana kalau kalian dapat menguasai hard skills dan soft skills? Dan bagi kalian yang masih bingung di manakah kita bisa mengasah soft skills kita, kalian bisa join dengan keluarga besar Livesmart dan berkembang bersama kita ya!


Article by Happy Permatasari

Graphic by Reynaldi Yacobus


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

24 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle