• LiveSmart Indonesia

Pentingnya Mencuci Tangan Untuk Mencegah Virus!



Ditengah merebaknya virus corona baru-baru ini, ternyata kita bisa mencegahnya dengan melakukan sesuatu yang simple namun sangat bermanfaat untuk kita dan orang lain.


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) cuci tangan sangat penting untuk pencegahan virus. Durasi cuci tangan yang dianjurkan adalah 20-30 detik, mengapa? Hal ini untuk memastikan tangan kita benar-benar bersih dan terhindar dari menempelnya bakteri-bakteri karena memegang sesuatu.

Ditengah merebaknya virus corona baru-baru ini, ternyata kita bisa mencegahnya dengan melakukan sesuatu yang simple namun sangat bermanfaat untuk kita dan orang lain.


Namun masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya cuci tangan dengan waktu yang tepat. Padahal menurut penelitian, 98% media penularan virus adalah dari tangan kita.


Tidak hanya orang tua, anak-anak juga dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan benar. Maka dari itu, peranan orang tua sangat penting agar anak rajin mencuci tangan. Bagaimana orang tua mengajarkan anak untuk mencuci tangan?

Livesmart punya tips nya untuk parents!


1. Menggunakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak

Mengubah lagu favorit anak menjadi lagu untuk cuci tangan atau menjadikan cuci tangan sebagai permainan bisa menjadi anak-anak suka dan semangat ketika mencuci tangan.

2. Sering mengingatkan anak pentingnya cuci tangan

Sangat penting untuk parents mengingatkan anak-anak untuk mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan, setelah menyentuh hewan peliharaan, setelah bermain di luar, dan setelah batuk, bersin, atau meniup hidung mereka. Sehingga anak-anak terbiasa untuk mencuci tangan

3. Berikan contoh

Yes parents, cara ini paling ampuh untuk membuat anak suka dan mengerti pentingnya cuci tangan. Kenapa? Karena anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang tua dan bertanya mengapa harus melakukan hal tersebut, dalam hal ini mencuci tangan. Jika parents memberikan contoh dengan sering-sering mencuci tangan, anak dengan otomatis akan mengikuti role modelnya dan akhirnya suka dan ikut mencuci tangan

4. Buat anak memahami tentang bakteri, kuman dan virus

Beri tahu kepada anak akibat tidak mencuci tangan dan apa yang disebabkan oleh bakteri, kuman, dan virus jika tidak menjaga kebersihan. Menurut penelitian, hal ini juga ampuh namun harus dilakukan dengan seimbang ya parents, agar anak tidak trauma atau takut seperti mendengar cerita horor karena akan menyebabkan masalah kesehatan mental juga.


Mencuci tangan bisa menjadi kebiasaan sehat seumur hidup jika parents mulai mengajarkannya sejak usia dini. Parents bisa mulai ajarkan anak lima langkah mudah untuk mencuci tangan - basah, busa, gosok, bilas, dan kering. Stay Safe, Stay Healthy everyone!


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

6 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA