• LiveSmart Indonesia

Pentingnya Menanamkan Kejujuran Pada Anak



Kejujuran merupakan salah satu nilai kehidupan yang penting untuk diajarkan kepada anak sedini mungkin. Menanamkan kejujuran pada anak dengan cara mengajarkannya agar berkata, berperilaku, serta bersikap jujur dapat menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupannya kelak.


Lalu, bagaimana agar parents bisa menanamkan nilai kejujuran pada anak?


1. Perkenalkan pentingnya bersikap jujur. Parents bisa memulai dengan menjelaskan dan memberikan pemahaman bahwa bersikap jujur itu sangat penting dan berbohong bisa merugikan diri sendiri dan orang lain disekitar kita. Parents bisa juga share contoh-contoh nyata ketika seseorang jujur atau berbohong dan akibatnya.


2. Jadilah role model atau contoh. Jika kita ingin agar anak kita jadi orang yang jujur, tentu dari kita sendirilah anak akan melihat contoh nyata. Ketika orang tua berbohong meskipun sedikit dan untuk kebaikan, anak akan melihat hal itu dan berpikir bahwa tidak apa untuk berbohong demi kebaikan. Jadi parents harus pastikan untuk tetap konsisten dan berlaku jujur disetiap waktu.


3. Apresiasi kejujuran anak. Terkadang, anak berbohong karena takut diomeli oleh orang tuanya. Nah disaat inilah parents harus mengapresiasi kejujuran anak. Mereka berani mengakui kesalahan dan mau dikoreksi pertanda mereka sudah memahami pentingnya bersikap jujur. Maka mengetahui hal ini parents jangan langsung menghukum mereka. Sebaliknya hargai kejujuran mereka.


4. Hindari memberi label “pembohong”. Ketika anak sering berbohong, hindari memberikan label “pembohong” hal ini akan membuat anak enggan untuk berkata jujur lagi dan akan merasa bahwa kalaupun mereka jujur, parents tetap cap mereka sebagai pembohong dan hal tersebut akan menjadi kebiasaan.


5. Dorong mereka untuk mencari teman yang jujur. Pergaulan juga bisa sangat berpengaruh pada anak. Jadi anjurkan mereka untuk mencari teman yang jujur dan bisa membawa dampak positif kepada mereka bahkan sampai di masa depan nanti. Hal ini akan sangat berguna karena anak terkadang ikut-ikutan teman dan akan sangat berbahaya jika mereka berteman dengan orang yang salah.


Anak-anak selalu memperhatikan hal-hal kecil yang orang tua lakukan. Maka penting bagi parents untuk mengajarkan kejujuran serta memberikan contoh kepada anak mengenai bagaimana cara agar bisa jujur di setiap situasi. Menanamkan nilai agama juga akan sangat berguna ketika mengajarkan kejujuran kepada anak. Parents juga harus menghindari menyuruh anak berbohong ketika mengangkat telepon.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

123 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA