• LiveSmart Indonesia

Pentingnya Berkomunikasi Dalam Keluarga

Ibarat bahan bakar dalam kendaraan, komunikasi adalah bahan bakar dalam setiap keluarga.



Percaya atau tidak, banyak masalah yang dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik dan dua arah dari sisi orang tua dan anak. Apa saja sih maksudnya?


· Membangun sifat kejujuran anak

Hingga saat ini masih banyak peran anak dalam keluarga dianggap peran yang tidak memiliki suara. Beberapa mungkin akan berpikir bahwa sang anak masih kecil dan belum mengetahui apa-apa. Namun tidak ada salahnya lho parents, untuk mengajarkan anak-anak sejak dini mengenai bagaimana mereka dapat mengeluarkan pendapat, atau apa yang mereka pikirkan. Hal ini akan membantu perkembangan pola pikir mereka dan anak akan cenderung lebih jujur kepada orang tua karena merasa dirinya dihargai.

Hal ini juga akan mempengaruhi perkembangan mereka saat remaja, karena di titik itulah komunikasi sangat diperlukan dalam keluarga karena masa remaja adalah masa-masa mereka eksplor lebih banyak mengenai hidupnya. Dan kita sebagai orang tua harus dapat memantau agar sang anak tidak jatuh ke pilihan-pilihan yang tidak tepat.


· Mencegah kekerasan dalam rumah tangga

Komunikasi yang dibangun secara baik dapat mencegah pertikaian yang tidak diinginkan, apalagi kalau hal itu disebabkan oleh berbagai bentuk kesalahpahaman. Anggota keluargapun juga lebih mengerti satu sama lain sehingga lahir tingkat toleransi yang lebih besar juga. Hal ini memperkuat ikatan atau hubungan antar anggota keluarga sehingga potensi munculnya kekerasan pun akan lebih sedikit.


· Terbiasa menjadi pendengar

Menjaga komunikasi yang baik akan membuat suatu kebiasaan atau habit yaitu menjadi pendengar yang baik. Tak luput dari itu, anggota keluarga akan lebih mempunyai empati lebih dan pemikiran yang terbuka karena mereka terbiasa terbuka/mengkomunikasikan satu sama lain. Hal ini juga akan berpengaruh dalam poin kedua (mencegah kekerasan dalam rumah tangga) karena masalah dapat dihindari sedini mungkin.


Untuk menjadi keluarga yang komunikatif dibutuhkan kesabaran, kerjasama, dan ketulusan. Namun pada akhirnya hal yang paling berharga yang kita punyai juga adalah keluarga kita. Jadi nggak ada salahnya kan kita mulai mencoba sedini mungkin supaya kedepannya keluarga kita semakin harmonis!


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

305 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA