• LiveSmart Indonesia

Parents, Lakukan 5 Hal Ini Yuk Ketika Anak Mulai Dewasa



Orang tua adalah peran paling penting yang berada di dekat dengan anak, maka dari itu pula mereka berpengaruh penting terhadap pembentukan karakter anak. Orang tua dibutuhkan untuk menjadi peran yang bijak dan penasihat anak yang baik dalam menyikapi sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Apabila tidak, sang anak dapat terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan.


Sayangnya, sebagian orang tua belum tahu atau bahkan tidak tahu dan memahami apa yang anaknya inginkan, dan malahan menggunakan apa yang dianggap sang orang tua benar untuk mendidik anaknya. Padahal, belum tentu sang anak bisa menerima dan dari situ sang anak dapat menjadi semakin jauh dengan orang tuanya. Perlu diingat di sini bahwa hubungan anak dan orang tua yang terbuka adalah hubungan ideal bagi suatu keluarga untuk mencapai keharmonisan.


Apalagi usia remaja yang mulai memiliki sudut pandang, pemikiran atau bahkan keinginan yang belum tentu searah dengan orang tua. Misalnya dalam hal memilih sekolah dan menentukan gaya berpakaian. Biasanya kedua hal ini adalah masalah yang dialami dalam keluarga dan menyebabkan perselisihan. Padahal kuncinya adalah, masing-masing pihak harus dapat memberikan pemahaman kepada pihak lainnya, dan mengerti posisi satu dengan yang lainnya.

Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat membuat perselisihan antar anak dengan orang tua:


1. Membandingkan dengan anak-anak lain atau bahkan saudara sendiri

Bagi kamu yang memiliki saudara kandung mungkin pernah merasakan hal ini. Dari hal kecil saja kamu merasa orang tua bersikap tidak adil padamu seperti membelikan barang-barang hanya untuk saudara kandungmu atau memberikan perhatian lebih kepada mereka. Sebagai orang tua yang bijak seharusnya memberikan penjelasan kepada anak yang tidak diberikan hal sama dengan saudara lain meskipun anak tidak bertanya tapi dalam hatinya ia akan merasa kecil hati dan dibedakan.


2. Memarahi anak di depan umum

Perbuatan ini akan membuat anak semakin kesal dan merasa dipermalukan. Bukannya sang anak akan menjadi terbuka, malahan akan membuat sang anak menjadi semakin tertutup dan lebih parahnya apabila sang anak menyimpan rasa amarah, atau bahkan dendam.


3. Tidak ada alasan saat menolak

Orang tua pasti akan memberikan yang terbaik bagi anaknya namun tak semua anak bisa berfikir jernih tanpa diberikan penjelasan terhadap penolakan permintaanya. Susana sedang berkumpul dengan keluarga menjadi waktu yang pas untukmu bertanya kepada orang tua mengapa menolak keinginanmu dan sebagai orang tua harusnya memberikan alasan dan pengertian yang jelas kepada anaknya.


4. Mengungkit kesalahan anak pada masa lalu

Orang tua harus selalu memperhatikan ini. Seorang anak tidak senang saat orang tua mengungkit kesalahan anak di masa lalu karena anak akan merasa selalu salah dimata orang tua nya dan dihantui rasa menyesal. Seharusnya orang tua memberikan pemahaman bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan dan setiap orang juga berhak untuk berubah menjadi lebih baik kepada anaknya bukan malah mengungkit kesalahan anak.


5. Menghalangi anak ketika mereka ingin mencoba suatu hal. Jika mereka salah, tegurlah dengan cara yang baik.

Kamu pernah berkata “Ayah, Ibu biarkan aku mencoba hal baru untuk mengejar cita-cita, aku ingin membanggakan orang tuaku”. Memang dalam proses mencari jati diri tak jarang kamu dibatasi dalam melangkah oleh orang tua padahal niatmu hanya ingin sukses dan menggapai cita-citanya namun orang tua masih menganggapmu masih kecil dan belum bisa mencooba hal itu. Namun peran orang tua sangat penting dalam proses jati dirimu dan sebagai orang tua juga harus selalu membimbing anaknya, mengikuti hal-hal apa yang ingin ia coba mengarahkan tujuan hidupnya dan selalu mengawasinya dengan baik.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

13 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle