• LiveSmart Indonesia

Papa Mama Sibuk Kerja, Anak Menjadi Jauh Dari Orang Tua?



Di zaman yang super sibuk ini mungkin orang tua harus bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga. Namun, apakah ini berarti jarak antara orang tua dan anak? Tak jarang orang tua meminta ART atau kerabat untuk menjaga si anak karena jadwal yang sangat padat. Jadi bagaimana agar orang tua dan anak bisa tetap akrab dan hangat meski papa dan mama bekerja?


1. Berikan pelukan!

Ada beberapa orang tua terkadang berangkat dan pulang kerja disaat anak masih tertidur. Namun, kita sebagai orang tua bisa memberikan pelukan hangat untuk mereka. Supaya mereka tetap merasakan cinta orang tuanya!

Dalam bukunya ‘The Hug Therapy’ Kathleen Keating menyebutkan bahwa pelukan juga dapat meningkatkan kecerdasan otak dan IQ anak.


2. Meluangkan waktu bersama anak

Di waktu weekend kita bisa melakukan aktivitas bersama anak-anak kita seperti pergi ke suatu tempat atau pun bisa hanya di rumah sekedar menikmati camilan sambil bersenda gurau. Dengan begitu kita ada waktu untuk saling mendengarkan dan bercerita tentang apa yang terjadi di dalam sekolah anak atau pun keseruan saat orang tua bekerja.


3. Memberi pujian atau hadiah

Kita tau sebagai manusia pasti senang jika di berikan pujian bahkan hadiah oleh orang lain. Begitu pun anak, mereka akan senang jika di beri apresiasi atas apa yang anak telah lakukan dan anak capai. Memberikan pujian atau hadiah bisa membangun kedekatan dengan anak karena anak merasa dihargai orangtuanya.


4. Memberi kesempatan kepada anak

Sebagai orang tua mempunyai perspektif tersendiri untuk anaknya, terlebih terkadang merasa yakin dengan pilihan orang tua itu yang terbaik. Coba deh kita memberi kesempatan kepada anak untuk memilih apa yang mereka inginkan. Selain membuat anak belajar untuk menentukan pilihan, mereka juga belajar untuk bersikap tanggung jawab!


5. Biarkan mereka merasakan perpisahan

Tidak selamanya kita akan hidup bersama anak kita. Ada kalanya orang tua tidak mengijinkan anak untuk ikut ke suatu tempat bersama dengan orang tuanya. Justru kalau sesekali berpisah, anak bisa merasakan kedekatan dengan orangtuanya. Anak akan merasa kangen dan membutuhkan orangtuanya.


Sejauh apapun kita pergi, keluarga adalah tempat terbaik untuk pulang. So parents, use your time for your beloved ones.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

37 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle