• LiveSmart Indonesia

Orang Introvert Berpeluang Lebih Sukses daripada Orang Ekstrovert?



Biasanya mereka yang introvert sering dianggap sebagai pribadi yang pendiam dan tertutup. Mereka dianggap jarang ingin berbagi dan terbuka mengenai dirinya.


Karena itu, nggak banyak yang tahu soal kepribadian mereka sehingga posisi mereka menjadi sedikit lebih minor dibandingkan mereka yang ekstrovert.


Eh tapi, buat kamu yang introvert jangan kecil hati ya! Nggak usah dianggap pusing. Kamu tahu nggak kalau para peneliti menemukan fakta bahwa kamu yang introvert memiliki daya pikir yang lebih hebat dan akurat dibandingkan mereka yang ekstrovert?


Disebutkan bahwa peneliti yang bernama Daniel Feiler dan Adam Kleinbaum meneukan bahwa:

1. Ekstrovert cenderung berteman dengan sesama ekstrovert.

Mereka meneliti dan mempelajari interaksi di antara 284 mahasiswa Magister Bisnis Administrasi. Mereka melihat adanya hubungan antara ekstroversi (sifat yang terbuka) dan homophily. Homophily merujuk pada gagasan bahwa ekstrovert lebih memilih untuk berteman dengan orang yang sama.


2. Introvert memiliki jaringan yang mewakili semua demografis masyarakat

Sebenarnya introvert juga mengalami hal yang sama seperti ekstrovert. Mereka juga senang berkumpul dengan sesama introvert. Namun pada akhirnya, orang introvert cenderung punya jaringan pertemanan yang mewakili semua demografis masyarakat. Ini karena introvert menggunakan sifat pendiam mereka untuk menambah kemampuan pengamatan, analisis, dan memahami masyarakat.

Karena sifat pendiamnya juga, kemampuan sosial introvert kelak berguna untuk hubungan, harga diri, dan prestasi kerja mereka lho!


3. Introvert bukanlah komunikator yang buruk!

Berbeda dengan stigma yang selama ini ada, ternyata introvert itu bukan komunikator yang buruk lho. Sebenarnya, mereka adalah komunikator yang baik. Namun mereka lebih suka berada di antara kelompok kecil daripada kelompok besar. Mereka lebih senang menghargai kualitas pertemanan daripada sekedar kuantitas pertemanan. Kualitas pertemanan inilah yang menguntungkan mereka dalam hubungan asmara, harga diri, dan tak terkecuali prestasi kerja.


4. Introvert memiliki kemampuan manajerial yang lebih baik dibandingkan ekstrovert.

Karena itu, mereka juga layak memegang posisi pemimpin. Introvert adalah manajer yang lebih baik dibandingkan dengan ekstrovert. Secara ilmiah, introvert tidak hanya pandai mengatur waktu. Kemampuan manajerial mereka juga lebih baik dalam pendekatan bisnis.


Ada juga profesor Adam Grant dari Wharton yang sempat meneliti beberapa waralaba pizza yang berbeda. Yang ia jadikan fokus penelitian adalah perbedaan gaya kepemimpinan dan manajemennya. Ia menemukan, karyawan proaktif dan berkinerja baik ada di bawah kepemimpinan manajer yang introvert. Dia juga menyimpulkan pemimpin introvert cenderung senang mendengarkan saran karyawannya. Pemimpin introvert pun selalu mendukung usaha karyawannya agar selalu proaktif saat bekerja.


Walaupun introvert selalu diposisikan minor dalam masyarakat, kamu sangat boleh berbangga!


Nyatanya, penelitian membeberkan kalau introvert banyak berkontribusi pada lingkungan sekitar. Dengan kata lain, daya pikir introvert bisa lebih akurat daripada ekstrovert karena mereka mampu merasakan langsung dunia sosial yang diamatinya.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

326 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle