• LiveSmart Indonesia

Meningkatkan Daya Ingat Anak, Bagaimana Caranya?

Updated: Apr 13



Mengingat pelajaran di sekolah atau belajar di rumah bisa menjadi struggle tersendiri bagi anak untuk mengingat yang sudah dipelajari. Apa yang bisa dilakukan parents agar bisa membantu anak meningkatkan daya ingat?

Livesmart punya tips yang bisa dicoba:


1. Ubah menjadi visual.

Tentu lebih mudah untuk mengingat gambar dibanding mengingat tulisan yang sangat banyak di buku, maka dari itu, parents bisa mengajarkan anak agar bisa visualisasikan pelajaran yang sedang mau dihafalkan menjadi gambar, suara atau gerakan agar lebih mudah untuk diingat’


2. Pancing dengan pertanyaan.

Buat seperti sedang bermain games, dengan membuat pertanyaan yang berhubungan dengan yang sedang dipelajari hari ini, bisa merefresh ingatan anak juga. Jika dia tidak mengingat jawabannya, parents bisa bantu mencari bersama jawabannya di buku.


3. Review materi yang dipelajari.

Sewaktu anak pulang dari sekolah, parents bisa bertanya kepada anak, apa saja yang dipelajari hari ini dan apakah anak mengalami kesulitan sewaktu belajar di sekolah. Pelajaran apa yang paling disukai dan mengapa.


4. Belajar dengan cara yang berbeda.

Belajar dengan cara yang berbeda bisa sangat membantu, karena hal ini dapat membuat pelajaran lebih berkesan sehingga membangun rangkaian sel saraf untuk mengingat dan mengakses informasi. Bisa dengan cara membuat drama atau menceritakan kembali atau tebak-tebakan.


5. Mengistirahatkan otak.

Agar bisa lebih fokus dan membuat ingatan lebih kuat, otak kita juga membutuhkan yang namanya istirahat, tidur sejenak di siang hari juga bisa membantu untuk mengingat dengan lebih mudah. Tidak hanya tidur siang, tidur yang cukup di malam hari juga sangat bermanfaat agar lebih segar di pagi hari.

Parents dapat menggunakan berbagai tips untuk meningkatkan daya ingat anak dan membantu mereka dalam berbagai aspek pembelajaran di sekolah bahkan di rumah.


Parents juga perlu memberi waktu pada anak untuk membiarkannya berkembang dengan kecepatannya sendiri dan memastikan untuk tidak membandingkannya dengan teman-temannya.

Setiap anak itu cerdas dan hanya membutuhkan lingkungan yang tepat serta rangsangan untuk mengasah bakat alaminya.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

10 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA