• LiveSmart Indonesia

Menghadapi Konflik dan Perbedaan Pendapat



Awal mulanya, kita harus tahu dulu apa yang menyebabkan konflik. Konflik dapat terjadi karena banyak hal, namun pada dasarnya adalah kurangnya pengendalian diri kamu terhadap perbedaan pendapat dengan lawan bicara kamu.


It is possible to have an argument without any conflict.

Seperti yang tertulis di atas, dengan pengendalian diri yang baik dan juga cara-cara di bawah ini yang dapat membantu membuka pikiran kamu agar dapat menjadi pribadi yang lebih progresif:


1. Saling menghargai pendapat orang lain

Perlu disadari jika setiap orang memiliki kebebasan untuk berpendapat, dan ketika kamu nggak setuju bukan berarti pendapatnya salah bukan? Oleh karena itu, dalam sebuah argumen diperlukan rasa saling menghargai agar segala macam perbedaan dapat teratasi dengan baik.


Dan perlu diingat bahwa setiap orang dilahirkan berbeda, masing-masing unik dengan cara atau jalan berpikirnya sendiri. Akan lebih bijaksana jika kamu dapat menyikapi perbedaan yang ada sebagai cara untuk saling melengkapi satu sama lain.


2. Cara menyampaikan pendapat dengan baik

Nggak jarang pertengkaran yang terjadi sebenarnya bukan disebabkan oleh perbedaan pendapat. Namun, cara penyampaian pendapat yang kurang tepat. Pada umumnya, seseorang tidak menyadari jika cara penyampaian pendapat yang kasar dan terkesan menyalahkan hanya akan memunculkan pertikaian. Oleh karena itu, dalam menyampaian pendapat perlu lebih berhati-hati dan lebih mementingkan perasaan orang lain.


3. Menyelesaikan pertengkaran dengan pertemuan

Buatlah suasana yang demokratis, terbuka dalam menyampaikan pendapat dan cara pandangnya. Namun, tetap dengan sikap yang baik dan menghargai lawan bicara lain. Ajak mereka untuk berkumpul dan mengobrol bersama untuk mengatasi pertengkaran yang terjadi. Dengan saling mendengarkan pendapat masing-masing tanpa emosi adalah cara yang bijaksana dalam menyikapinya perbedaan yang ada. Bahkan kamu bisa mendapat sudut pandang baru yang dapat kamu pelajari untuk memperluas pengetahuan kamu!


Menghadapi perbedaan dengan kendali diri yang baik menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang dewasa dan progresif. Akan lebih baik apabila kamu tidak menutup kemungkinan untuk mendengar pandangan atau value yang diberikan oleh lawan bicara kamu supaya kamu bisa menjadi lebih berwawasan.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

20 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle