• LiveSmart Indonesia

Mengapa Mengenalkan Anak Kepada Social Media Itu Penting?



Parents, kita sama-sama tahu bahwa tidak bisa dielakkan lagi bahwa social media merupakan bagian dari hidup kita yang sudah sangat melekat. Mulai dari berita, hiburan dan bahkan bisnis, semua itu dapat dilakukan dan didapatkan dari social media. Maka dari itu setakut apapun kita terhadap efek yang menghantui apabila anak kita mengenal social media, kita harus tetap memperkenalkannya pada anak kita.


Percayalah, social media bukanlah ancaman apabila dipergunakan secara baik.


Justru dengan mengenalkan social media kepada anak kita, kita dapat memantau dan menyaring informasi apa saja yang anak kita dapatkan, serta memberikan wawasan atau pengetahuan mengenai hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak kepada anak kita. Dibandingkan kita menyembunyikan dan mengulur-ulur, sang anak cepat atau lambat akan mengenal social media dari lingkungan sekitarnya, contohnya dari teman sekolahnya. Dan hal itulah yang akan menjadi tantangan bagi kita orang tua karena kita tidak tahu seberapa banyak informasi yang anak kita dapatkan dari pihak luar keluarga.


Jadi, apa saja yang sebaiknya kita orang tua lakukan agar anak dapat mulai mengenal dunia maya dan meminimalisir efek buruk yang menghantui kita selama ini?


1. Jadilah yang pertama yang memperkenalkannya pada anak.

Seperti yang kami sampaikan tadi, akan lebih baik apabila kita tidak mengulur waktu. Perkenalkan dunia maya pada anak kita terlebih dahulu sebelum mereka mengenalnya dari peran di luar keluarga.


2. Menyusun rencana pencegahan.

Dengan sang anak mengenal social media, tentunya akan menimbulkan konflik dalam diri anak ketika menghadapi sesuatu misalnya ketika mereka bertemu sesuatu yang membuat mereka merasa tidak nyaman. Kita sebagai orang tua dapat meyakinkan anak bahwa apapun yang mereka hadapi, mereka dapat terbuka dengan kita orang tua. Buatlah sang anak merasa tidak takut untuk berbagi cerita mengenai pengalamannya di social media atau bahkan perasaannya ketika sedang menggunakan social media. Kita bisa memulai dengan menanyakan pada anak mengenai apa saja hal positif yang bisa didapatkan dari social media tersebut.


3. Buatlah privasi pada akun anak kita.

Contohnya dengan fitur Instagram private, atau pengaturan privasi dalam Facebook, sehingga tidak sembarangan orang tak dikenal dapat mengakses informasi yang anak kita post. Ajari anak kita bahwa pada saat ini bahwa mereka hanya dapat menerima pertemanan dari orang-orang yang mereka kenal dengan baik.


4. Menerapkan etika.

Kita sebagai orang tua juga harus dapat mengajarkan etika yang baik dalam ber-social media. Kenalkan mereka dengan kata ‘konsekuensi’, bahwa tindakan apapun yang dipilih anak akan menghasilkan efek dikemudian harinya maupun itu positif atau negatif. Dari sini anak akan dapat mulai belajar caranya bertutur kata dengan sopan dan memilah informasi apa saja yang boleh mereka bagikan dalam social media.


5. Dunia maya ≠ realita

Dengan asiknya sang anak mengenal dunia baru, realitanya jangan sampai mereka acuhkan ya parents. Tegaskan kepada mereka bahwa interaksi dalam social media tidaklah sama dengan interaksi pada dunia nyata. Kita dapat menerapkan sistem pembatasan waktu dalam hal ini pada penggunaan social media pada anak. Contohnya sang anak dapat mengakses social media selama satu jam per harinya, dan tetap menjalankan rutinitas seperti biasa pada sisa harinya.


6. Action is louder than words

Anak kita tidak akan memahami dengan betul apa yang kita ajarkan apabila hanya sebatas kata-kata. Berikanlah mereka contoh, dengan kita ber-social media yang positif. Dengan contoh nyata, anak-anak akan dapat lebih mudah mengikuti sambal belajar sehingga lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan sang anak untuk menggunakan social media dengan positif.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

4 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA