• LiveSmart Indonesia

Memilih Tontonan Untuk Anak, Perlukah?


Belakangan ini,banyak film yang viral mengenai superhero atau pun film dengan rating tinggi di bioskop ingin sekali ditonton anak-anak dan remaja. Padahal,di film tersebut telah berlabel khusus remaja atau bahkan dewasa. Namun nyatanya, banyak anak-anak yang belum remaja menonton tanpa pengawasan orang tua. Selain itu, bahkan orang tua pun sering membiarkan anak-anak atau pun remaja menonton tanpa diawasi. Artikel ini akan memberikan tips Parenting dan edukasi yang bisa berguna bagi parents.


Apa bahayanya menonton film yang tidak sesuai kategori umur?

1. Psikolog mengatakan, jika seorang anak terbiasa untuk menonton tayangan yang didalamnya berisi pesan negatif, anak-anak bisa jadi akan mengikuti apa yang dilihatnya.


2. Bisa mempengaruhi kepribadian anak tersebut. Salah satu contohnya adalah jika seorang anak menonton tayangan adegan kekerasan, agresivitas, dan hal negatif setiap hari, maka hal-hal negatif tersebut sudah menjadi hal yang biasa saja bagi anak tersebut.


3. Memengaruhi nilai akademis. Jika terus menghabiskan waktu untuk menonton film terbaru, waktu untuk belajar pasti akan menipis dan mengganggu konsentrasi sewaktu di sekolah.


Selain itu, bisa muncul persepsi yang tidak tepat dari anak, parents. Bisa juga timbul rasa takut dan cemas pada anak karena dia lihat adegan-adegan yang terlalu keras apalagi bila usia anak di bawah usia 12 tahun. Juga, seringkali habis nonton film, adegan-adegan dan cerita di film masih terbawa di kehidupan nyata seolah-olah hal tersebut benar-benar terjadi.


Jadi, orang tua perlu mengawasi dan memberikan edukasi tentang apa yang ditonton anak-anak. Karena tontonan berpengaruh terhadap perkembangan Si Anak.

Bagaimana parents? Apakah pernah mengalami hal seperti ini?

Film apa saja yang sering ditonton anak-anak dan remaja anda? Apakah sesuai dengan umur mereka? 😊


Article By: Ariella Setiawan

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

8 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle