• LiveSmart Indonesia

Manfaat Public Speaking Bagi Kesuksesan Anak!

Updated: Jun 9



Banyak orang beranggapan kemampuan public speaking hanya diperuntukan untuk orang dewasa. Namun di era sekarang ini, banyak sekolah-sekolah yang menugaskan anak-anak untuk presentasi di depan kelas. Public speaking penting dalam bisnis, pendidikan, dan arena publik. Ada banyak manfaat untuk kemampuan berbicara di depan umum entah Anak sebagai seorang individu atau bisnis.

Lalu, apa manfaatnya mengajarkan public speaking pada anak?


1. Berani tampil di depan umum.

Sejak kecil, rupanya anak-anak telah mempraktikkan public speaking. Misalnya ketika mereka diminta oleh guru untuk bercerita di depan kelas. Sayangnya, tidak semua anak berani melakukannya. Ketakutan di masa kecil yang dibawa sampai ia dewasa tentu menghambat kesuksesannya. Maka dari itu, kita wajib membekali mereka dengan keterampilan ini, yang bisa sangat berguna untuk anak-anak di masa depan


2. Kecerdasan emosional menyumbang 80% kesuksesan hidup.

Salah satu kecerdasan emosional tersebut adalah komunikasi lisan. Ketika anak bisa mempresentasikan sesuatu dan berbicara di depan umum, anak tersebut akan terlatih untuk presentasi yang lebih sulit di kemudian hari.


3. Komunikasi lisan juga termasuk ke dalam soft skill yang menjadi nilai tambah untuk anak. Ketika anak mahir dalam public speaking, anak tersebut akan berbeda dari anak-anak lain dan pastinya stand out dibanding anak seumurnya.


4. Mendukung keterampilan leadership.

Terlebih lagi bagi remaja, yang merupakan usia pembentukan. Jika mereka mendapat arahan yang benar, tentu di masa dewasa dia akan tumbuh menjadi seseorang pemimpin yang hebat. Dengan menguasai public speaking, mereka mampu menyampaikan ide dan informasi secara sistematis dan efektif. Dan mampu meyakinkan orang lain terhadap ide-ide yang disampaikan.


Keterampilan public speaking akan membuat seorang anak jadi percaya diri, berani, mampu mengekspresikan perasaannya dan menyampaikan apa yang dia inginkan secara lebih komunikatif. Maka, mereka akan cenderung lebih aktif dan juga berprestasi, baik di sekolah atau dimanapun. Karena anak-anak seperti ini, cenderung menonjol daripada orang lain dimanapun ia berada dan juga, mereka adalah orang-orang yang biasanya disukai oleh banyak orang. maka penting sekali untuk parents mengajarkan keterampilan public speaking kepada anak dari sekarang!


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

17 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle