• LiveSmart Indonesia

Baca Ini Sebelum Kamu Pilih Kuliah!

Updated: Sep 9

Di jaman sekarang ini, pasti bingung deh banyak banget jurusan yang bisa kalian pilih. Dari fashion sampai hukum, dari copywriter sampai tata kota. Jurusan apa sih yang harus kalian ambil?

Sebelum kalian menentukan mau pilih jurusan apa, lebih baik kalian baca dulu nih beberapa poin di bawah ini:


1. Tentukan minat kamu yang sesungguhnya.

Apa sih hal yang bikin kamu tertarik? Apa sih hal yang bikin kamu lupa waktu kalau lagi mengerjakan hal itu? Kalau kata Marie Kondo, apa sih yang sparks joy buat kamu?

“Tapi aku nggak merasa jago kak, di bidang itu” – Jangan takut! Semua hal itu bisa dipelajari, apapun yang kamu mau selama kamu punya minat dan mau berusaha, pasti bisa tercapai. Michael Jackson nggak terlahir bisa moonwalk kok, Dwayne Johnson juga nggak terlahir langsung bisa acting. Semua itu pakai latihan. Baca lagi, l a t i h a n. Nggak ada yang bisa halangin kamu untuk mencapai apa yang kamu mau apabila kamu berusaha dengan giat.


Dan ingat ya, setiap jurusan itu ada kelebihan dan kekurangannya sendiri, ada suka dan dukanya sendiri. Nggak ada tuh, yang namanya jurusan yang isinya senang-senang doang.


2. Research.

Kalau kamu sudah ketemu dengan bidang yang kamu inginkan, kita lanjut ke tahap berikutnya yaitu research. Berikut adalah 3 poin besar yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk mengikuti jurusan tersebut.

Jejak pekerjaan; kamu harus tahu pekerjaan apa saja yang bisa kamu dapat dengan mengambil jurusan tersebut, dan tentukan tujuanmu. Misalnya fashion design, kamu harus tahu bahwa nantinya kamu bisa menjadi fashion buyer, fashion merchandiser, pattern maker, stylist, dan masih banyak lagi.

Ketersediaan lapangan kerja; pastinya kamu mau kan, pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat?

Lokasi; kamu perlu tahu kampus mana saja yang menyediakan jurusan yang kamu inginkan, dan apakah kampus tersebut memiliki akreditas yang baik demi menunjang karir kamu nantinya. Kamu juga sebaiknya bicarakan dengan orang tua kamu perihal budget, yang akan juga dibahas di nomor selanjutnya!


3. Budgeting.

Hal ini juga termasuk aspek penting dalam menentukan perkuliahan kamu ya, karena apabila kamu ingin memilih lokasi yang lumayan jauh dari rumah, akan ada beberapa biaya tambahan yang perlu kamu siapkan. Selain biaya kuliahnya sendiri, kamu perlu siapkan living cost selama tinggal di sana misalnya tempat tinggal, transportasi, biaya makan, dan biaya keperluan sehari-hari. Untuk hal ini tentunya kamu perlu bicarakan dengan orang tua ya, dan yakin deh, orang tua pasti sebisa mungkin akan mendukung kamu dan berusaha sekuat tenaga untuk menyediakan fasilitas supaya kamu dapat kuliah dengan lancar.


4. Buat komitmen ke diri sendiri.

Pastinya kamu nggak mau kan kerja keras kamu hanya jadi sia-sia? Kamu harus berpegang teguh pada minat kamu, dan apa yang sudah kamu pilih. Rencanakan semuanya dan cobalah untuk tetap bertahan pada rencana tersebut, supaya kamu bisa lulus tepat waktu dan tidak membuang banyak waktu. Percaya deh, kamu pasti bangga akan diri sendiri apabila kamu merasakan buah manis dari usaha kamu!


Kalau kamu masih bingung juga mau pilih apa, mungkin kamu bisa coba ikutan kuis di sini! Siapa tahu, kamu jadi terinspirasi kan?


#LivesmartAricle #Kuliah #PilihJurusan


Sebelum menutup artikel ini, pertanyaan yang paling penting adalah:

Setelah kuliah itu selesai, apakah menjamin kamu mendapatkan kerja yang sesuai dengan jerih payah kamu selama ini?Apalagi banyak yang jurusannya sama dan juga dengan nilai yang lebih baik lagi. Jadi, mau lanjut kuliah supaya mendapat ijazah lebih tinggi atau kerja?

Simak "Lulus Kuliah, Lanjut Kerja atau Kuliah Lagi"!

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA