• LiveSmart Indonesia

Terungkap! Makanan ini bisa buat otak lebih fokus!


Ilustrasi makanan source: kompasiana.com

Mendengar kata "Fokus" pasti teringat lawan katanya. "tidak fokus". Yang mana yang paling sering anda alami? Ketika bekerja seharian dan harus melanjutkan lembur biasanya otak kita menjadi lelah dan kurang fokus. Sehingga banyak yang mengonsumsi berbagai cemilan dan makanan, bahkan minuman untuk meningkatkan tingkat fokus.


Mari kita cari tahu jenis makanan apa saja yang bisa meningkatkan fokus otak kita jika dikonsumsi dalam jumlah dan takaran yang tepat ya guys pastinya!

1. Ikan Salmon.

Ikan berlemak seperti salmon bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan otak. Salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang berlimpah

Para pakar kesehatan merekomendasikan ikan berlemak seperti salmon ini dikonsumsi dua kali seminggu. Cara terbaik mengolahnya adalah dengan memanggangnya, selain cepat cara ini juga lebih menyehatkan dibanding menggorengnya.

2. Kaldu Tulang Menyantap semangkuk kaldu tidak hanya cocok di musim dingin. Tapi sup ini juga bisa ditambahkan dalam item diet lho. Menurut North Central University, kaldu tulang adalah makanan yang bisa menyehatkan usus dan bisa membantu merangsang otak.

Ini karena kolagen ditemukan dalam tulang yang diubah menjadi kaldu, juga mengandung asam amino seperti glisin dan prolin yang membantu meningkatkan daya ingat.

3. Kopi Banyak dari kita juga mencari kopi ketika lelah ataupun ingin mengurangi rasa kantuk. Ternyata selain bisa mengatasi ngantuk, secangkir kopi juga bisa meningkatkan kinerja otak loh.

Penelitian terbaru yang dipublikasi Harvard Health menunjukkan orang yang lebih banyak mengonsumsi kafein memiliki kinerja lebih baik dalam tes daya ingat, dan memperoleh skor lebih tinggi dalam tes mental. Tapi perhatikan jumlah gulanya juga ya.

4. Coklat Hitam Coklat panas menjadi pilihan banyak orang ketika musim dingin atau suasana sedang hujan di dalam rumah untuk menghangatkan tubuh. Selain meningkatkan suasana hati, minuman ini juga menyehatkan tiroid dan meningkatkan kemampuan pengingat. Menurut United Brain Association, cokelat hitam mengandung flavonoid, kaya antioksidan yang meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi peradangan.

Antioksidan sendiri sangat penting untuk kesehatan otak karena otak rentan berhadapan dengan stres oksidatif, sebagai penyebab penurunan daya ingat. Cokelat hitam juga bisa meningkatkan plastisitas otak, bagian penting untuk meningkatkan kemampuan belajar.

5. Almond

Makanan ini bisa dijadikan sebagai camilan di siang hari, selain menyehatkan almond juga bisa meningkatkan kesehatan otak.

Meski tinggi kalori dan lemak, tapi kacang satu ini dikemas dengan vitamin E yang larut dalam lemak. 100 gram almond, bisa mengandung 50 persen dari asupan harian vitamin E yang dibutuhkan. Vitamin E sendiri adalah pelindung kesehatan otak.

6. Pisang

Sebuah studi menemukan bahwa siswa yang makan buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Kandungan potasium, yang merupakan mineral penting yang penting di dalam pisang, bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung.


Tahukah kalian, bahwa apa yang dimakan tidak hanya mempengaruhi energi tubuh, namun juga daya konsentrasi otak? Nyatanya, makanan yang dikonsumsi juga bisa berdampak pada aliran darah dan oksigen menuju otak. Hal tersebutlah yang ternyata bisa mempengaruhi lama waktu otak bisa tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA