• LiveSmart Indonesia

Kunci Komunikasi dengan Anak Usia Pra Remaja yang Tertutup

Updated: May 6, 2019



Ketika anak - anak masih sangat kecil, mereka dengan mudah berbicara tentang apa saja kepada ibunya. Namun ketika anak beranjak remaja, tak sedikit yang mulai menutup diri dari orang tuanya.


Tanda - tanda yang paling mudah ditemui, anak - anak pra remaja ini mulai asyik dengan dunianya sendiri atau hanya dengan teman - temannya. Bila diajak bicara, jawabannya seringkali singkat dan tanpa rasa

antusias.


- Biasalah, Ma.

- Ya gitu deh. Udah, deh Ma jangan tanya – tanya

- Atau bahkan yang paling parah, mereka hanya menjawab dengan suara gumaman.


Biasakan untuk tidak mengawali dengan pertanyaan ketika ada momen bersama anak karena ini akan membuat anak tidak nyaman, selalu ditanya dan seperti diinterogasi.


Kitalah yang dapat membuka pembicaraan, mulai dari bercerita pengalaman kita di hari itu, mendatangi acara apa, bertemu siapa, atau sekadar cerita makan makanan enak.


Setelah diawali yang ringan-ringan dan mulai ada penerimaan dari anak, orang tua bisa mulai memancing obrolan dengan sesuatu yang disukai anak. Dengan mengetahui apa kesukaannya, maka akan lebih cepat menarik perhatian anak.


Contohnya paling mudah di jaman sekarang, misalnya sang anak suka dengan tokoh superhero Marvel. Jadi ketika trailer film terbaru Marvel keluar, kita sebagai orang tua sudah tahu. Lalu kita jadikan bahan obrolan yang seru dengan anak.


Intinya adalah proses membuat anak nyaman lagi dengan orang tuanya. Dan ini tidak bisa dilakukan hanya dengan satu atau dua kali pertemuan, melainkan harus secara terus menerus.

Jadi buat anak nyaman dulu dengan kehadiran kita dengan tidak membebani anak dengan segudang pertanyaan. Ketika anak sudah merasa nyaman dan relaks, biasanya cerita akan keluar sendiri dari mulut mereka.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

7 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA