• LiveSmart Indonesia

Ketahui Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya!

Updated: Apr 23



Kecerdasan anak tidak diukur oleh skor di rapor atau nilai ulangannya lho parents. Sejatinya, semua anak itu cerdas namun memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Menurut penelitian, setiap anak memiliki kecerdasan masing-masing dan dibagi dalam 8 jenis kecerdasan.


Selain itu, setelah mengetahui jenis kecerdasan anak, parents bisa mengembangkannya menjadi bakat atau hobi agar talenta tersebut bisa diasah.


Bagaimana mengetahui jenis kecerdasan anak kita?

1. Kecerdasan linguistik

Jenis kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa, baik dalam bentuk tulisan maupun saat berbicara. Kecerdasan linguistik dapat dilihat ketika anak suka membaca, cepat bisa mengeja kata dengan baik, suka menulis, suka berbicara, dan mendengarkan cerita.

Parents bisa mendukung kecerdasan anak dengan sering mengajaknya bercerita, membaca bersama, membacakan dongeng, dan melakukan dialog berdua dengan anak.

2. Kecerdasan logika atau matematis

Jenis kecerdasan ini bisa ditandai ketika anak tertarik dengan angka-angka, menyukai matematika, dan hal-hal yang berbau sains, maupun yang berhubungan dengan logika.

Untuk mengasah kemampuannya ini, berikan anak-anak alat berhitung yang menarik, benda-benda untuk dihitung, balok bertulisan angka-angka, puzzle, hingga timbangan untuk mengukur berat.

Parents bisa mengajak anak mengunjungi museum ilmu pengetahuan, mengajak anak bermain sambil menghitung, atau bermain monopoli.

3. Kecerdasan intrapersonal

Anak dengan tipe kecerdasan intrapersonal yang dominan biasanya memiliki ambisi dan sudah tahu ingin jadi apa saat besar nanti. Ia juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan bisa mengomunikasikan perasaannya dengan baik.

Parents bisa mengajak si kecil berbicara mengenai perasaannya dan menanyakan pendapat mereka tentang berbagai hal.

4. Kecerdasan interpersonal

Berbanding terbalik dengan intrapersonal, anak yang memiliki tipe kecerdasan ini lebih suka bermain dengan banyak orang. Anak juga memiliki empati, mampu memahami perasaan orang lain, dan cenderng menonjol sehingga suka memimpin saat bermain.

Parents bisa mengajak anak bermain bersama di luar rumah atau sering mengajak si kecil datang ke acara keluarga untuk bersosialisasi.

5. Kecerdasan musikal

Anak dengan kecerdasan musikal paling mudah dikenali orang tua, misalnya mereka biasanya suka menyanyi atau menghafal lagu dengan cepat. Dan banyak dari mereka juga mahir memainkan alat musik seperti piano. Parents bisa memberikan dukungan kepada anak dengan kecerdasan musikal dengan membiarkan anak bermain alat musik dan memberikan les yang mendukung bakat anak tersebut.

6. Kecerdasan spasial

Anak yang memiliki kecerdasan ini biasanya terlihat dari kesukaannya menggambar, mencorat-coret kertas, mewarnai, suka berimajinasi, hingga suka bermain-main membangun sesuatu menggunaan balok.

Parents bisa mengasahnya dengan memberikan fasilitas untuk mereka mengembangkan kecerdasannya misalnya dengan memberikan cat air atau kanvas, pensil warna dan kertas.

7. Kecerdasan kinetik

Anak yang memiliki kecerdasan kinetik umumnya sangat aktif, seperti suka berolahraga, menari, menyentuh berbagai benda dan mempelajarinya, atau membuat sesuatu dengan tangannya.

Parents bisa mengajak anak berolahraga dan membuat prakarya di rumah untuk mengasah kecerdasan anak.

8. Kecerdasan naturalis

Anak-anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangat suka bermain di alam. Ia juga menyukai binatang, memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan suka dengan tanaman. Untuk mendukungnya, berikan anak binatang peliharaan, akuarium, atau sediakan lahan untuk berkebun.


Setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan ada anak yang memiliki 8 kecerdasan diatas dan ada yang hanya menonjol di salah satunya. Sebagai orang tua, kita bisa mengamatinya sedari dini agar dapat diasah. Kalau parents, apakah mengamati ada salah satunya di anak?


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

16 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle