• LiveSmart Indonesia

Kata Siapa Nabung Itu Susah?

Updated: Sep 9

Mau jadi salah satu orang yang berhasil mencoba teknik menabung dari Livesmart?

Kamu merasa nggak sih, banyak orang yang bilang bahwa di akhir bulan mereka sering kena kanker, alias kantong kering? Biasanya alasan mereka adalah: uang bulanan kurang besar, tergoda promo, belanja impulsif, dan masih banyak lagi. Sebenarnya semua itu bisa bangeeeet diatasi dengan mengikuti tips berikut:


· Save before spend.

Pertama-tama buatlah rincian pemasukan/jatah uang kamu perbulannya. Lalu targetkan berapa jumlah yang kamu ingin tabung perbulannya. Baru dari sisanya lah kamu bisa gunakan untuk jajan ataupun belanja. Jangan dibalik ya!


· Gunakan aplikasi catatan keuangan.

Jaman sekarang ini sudah canggih, kita harus manfaatkan hal itu. Nggak perlu bawa buku catatan keuangan kemana-mana. Cukup download aplikasinya dan kamu bisa update di manapun dan kapanpun setiap kamu harus mengeluarkan uang.


Efektif nggak sih? Banget! Kamu akan aware mengenai berapa uang yang sudah kamu keluarkan di hari/minggu tersebut. Dengan begitu kamu akan bisa lebih menahan diri untuk mengeluarkan uang.


· Gaya sesuai biaya, bukan biaya sesuai gaya.

Beberapa orang terkadang memaksakan diri untuk membeli barang yang jauh lebih tinggi dari budget mereka hanya untuk bergaya lebih atau supaya diakui oleh orang di sekitarnya. Hal itu hanya membuat kamu semakin kantong kering. Dan barang yang sudah kamu beli harganya akan semakin menurun, suatu saat kamu tidak akan menggunakannya lagi. Jadi semakin rugi deh!


· Butuh, atau mau?

Kamu tahu kan istilah dari ‘lapar mata’? Hal itu lebih berbahaya dari pada lapar perut, deh! Lapar mata membuat kalian membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, namun sangat menarik untuk dibeli. Contohnya pajangan unik namun tidak ada gunanya. Bukannya tidak boleh membeli benda yang diinginkan, namun kalian harus berpikir dua kali ya untuk benda seperti ini. Karena sebenarnya kamu hanyalah mau, bukan butuh.


· Pakai metode ‘Postpone Satu Minggu’.

Personally kami menggunakan metode ini untuk berhemat, dan menurut kami sangat efektif! Apabila kamu sedang menginginkan benda yang sebenarnya sih, tidak sangat dibutuhkan, kami akan foto benda tersebut, lalu menunggu 1 minggu untuk memutuskan kembali apakah kami harus membelinya. Metode ini akan mengurangi frekuensi belanja kamu karena terkadang kita hanyalah hyped saat pertama melihat benda tersebut, namun tidak saat 1 minggu kemudian, ketika kita sudah bosan dan pada akhirnya memutuskan untuk tidak jadi beli. Lumayan kan!


· Jangan termakan promosi!

Team Livesmart mengerti banget deh salah satu hal paling menggoda yang ada di dunia ini adalah: promosi atau diskon. Namun kalian harus bisa mengontrol diri ya, karena terkadang kita membeli karena promo, bukan karena butuh. Hampir serupa dengan poin sebelumnya, ‘Butuh, atau mau?’, kali ini kalian harus bisa mengetahui lebih cepat apakah kalian membutuhkan benda tersebut atau tidak. Karena saying sekali loh, apabila benda yang kalian beli pada akhirnya hanya duduk manis di rumah kita.


· Pisahkan uang yang akan ditabung.

Singkirkan jauh-jauh uang yang akan kamu tabung, karena akan sangat menggoda apabila kamu menggabungkan uang tabungan dengan uang sehari-hari, terlebih kalau kalian menggunakan tabungan di bank. Kamu bisa membuat akun tabungan bank yang terpisah untuk uang sehari-hari dengan uang tabungan.


· Titipkan kepada orang yang kamu dapat percaya.

Apabila semua tips di atas tidak bisa membuat kamu bisa menabung, maka jurus terakhirnya adalah titipkan tabunganmu kepada orang yang dapat kamu percaya! Tapi jangan sembarangan orang ya, contoh orang yang dapat kamu percaya pastinya adalah orang tua kamu sendiri. Merekapun pasti akan sangat senang dan supportive akan keputusan kamu akan hal ini.



Yuk, dicoba dulu dan buktikan tips dari Livesmart. Share juga metode pribadi kamu dalam menabung, siapa tahu kamu dapat membantu yang lain juga.



Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle