• LiveSmart Indonesia

Jadwal Kuliah Padat, Mau Tetap Fit? Ini Solusinya!


Banyaknya aktivitas yang harus dijalankan oleh mahasiswa sering kali membuat mereka sulit menemukan waktu untuk tetap fit. Padatnya aktivitas juga sering kali membuat mereka tidur larut malam dan tidak memperdulikan apa yang mereka makan. Sehingga dengan gaya hidup yang kurang sehat, mahasiswa sering kali mengalami stress, sakit maag, Typus, dan lain-lain.


Dan sering kali tuntutan dari tugas kuliah dan dosen mengharuskan kalian untuk selalu sehat. Dan karena jadwal kuliah yang tidak menentu membuat kalian melewatkan hal-hal yang sebenarnya menyehatkan dan mudah dilakukan loh guys!


Apa Aja Sih?


1. Sarapan. Jadwal kuliah yang pagi, terkadang membuat kalian sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Karena selain enak, sarapan juga bisa membuat tubuh kita sehat guys! Karena ketika kita bangun dari tidur, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja optimal biasanya dalam keadaan rendah. Oleh karena itu, sarapan dapat membantu tubuh kita untuk meningkatkan kadar gula darah tersebut. Selain itu, kalau nggak sarapan, kita biasanya akan makan lebih banyak pada siang hari.


2. Perhatikan asupan makanan. Hindari makanan yang tinggi kalori, lemak jenuh, dan kurangi jumlah gula dan garam dalam setiap makanan yang kalian makan. Dan banyakin makan sayur-sayuran dan buah-buahan, biar kebutuhan vitamin kalian terpenuhi guys.


3. Minum air yang cukup. Konsumsi air yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga pola makan kita agar tidak berlebihan. Oleh karena itu, untuk menjaga asupan air, kalian dapat membawa minuman saat beraktivitas.


4. Tidur yang cukup. Kurang tidur adalah hal umum yang sering kali terjadi di kalangan mahasiswa. Sepadat apapun aktivitas kalian, kalian perlu mengatur waktu tidur agar tetap sesuai dengan kebutuhan kalian. Tidur cukup juga dapat menjaga tingkat energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, berpikir jernih, dan meningkatkan mood. Selain itu, dengan tidur yang cukup, kalian bisa mengurangi hormone stress. Jadi, kurang-kurangin deh konsumsi alcohol, kafein, dan hal lain yang bisa mengganggu tidur kalian.


5. Perbanyak olahraga. Sesibuk apapun kalian, sediakanlah waktu sedikit untuk berolahraga. Olahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, dan meningkatkan mood juga. Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kekuatan otot. Meskipun sulit, kita bisa tetap memulainya meskipun dengan bentuk olahraga yang sederhana seperti jalan kaki atau jogging


Nah, mudah kan guys? Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah, jangan lupa bahwa kesehatan kita nomor satu guys. Karena dengan menjalani hidup sehat, bisa membantu kita menjalani aktivitas apapun.

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

14 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle