• LiveSmart Indonesia

Halo anakku, perkenalkan ini adalah Investasi.



Investasi itu penting. Mengapa? Dengan investasi kita bisa mendapatkan tambahan pendapatan dan tentu saja dapat menjamin masa depan.


Sayangnya, masih banyak sekali orang yang belum melek investasi sehingga menganggap itu bukanlah hal yang penting. Hasilnya, mereka kesusahan pada masa tua.


Ditambah lagi banyak orang yang masih beranggapan kalau investasi itu hanya untuk orang yang memiliki uang yang sangat banyak. Padahal itu salah banget lho.


Karena itu, sangat penting memberi pemahaman tentang investasi pada anak sejak usia dini. Jadi, kita para orang tua bisa mulai mengenalkan investasi kepada anak-anak kita.


Bahkan seorang ahli finansial, Melanie Mortimer mengatakan kalau anakmu diajari investasi sejak ia berusia tiga tahun, maka mereka akan tumbuh menjadi generasi yang lebih siap dan cerdas secara finansial.


Sayangnya, nggak sedikit orangtua yang menganut paradigma salah dan mengatakan kalau anak hanyalah anak kecil yang masih belum mengerti soal keuangan. Padahal, dengan menganggap mereka seperti orang

dewasa, maka sifat anak pun secara otomatis akan berubah.


Karena itu, nggak ada salahnya kok untuk mengajarkan anak investasi sejak dini. Gimana tipsnya? Berikut lima di antaranya:


1. Buat mereka penasaran

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat anak penasaran. Misalnya, kita menunjukkan ke mereka bagaimana caranya memeriksa saham. Bahkan alangkah baiknya kalau kita memiliki saham di perusahaan yang disukai anakmu, contohnya Apple jika sang anak penyuka teknologi.

Setelah itu, tanyakan kepada mereka apakah ada perusahaan yang ingin ia beli di masa depan dan biarkan ia menjawab dengan imajinasinya sendiri.


2. Pakai permainan

Saat ini sudah banyak sekali permainan investasi saham secara online yang cocok untuk anak-anak Sekolah Dasar.

Nah, sebagai orangtua kita bisa mengikuti pergerakan saham serta memberikan anjuran dan juga alasan pentingnya investasi lewat permainan tersebut.

Nggak cuma itu saja, kita juga bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak sekaligus memberikan pelajaran mengenai hukum investasi.


3. Beritahu kepadanya bagaimana uang bertambah karena investasi

Kita bisa memberitahu sang anak sembari bercerita bagaimana yang dapat bertambah karena investasi. Kita juga bisa memberikan contoh nyata seorang yang bisa kaya raya lewat investasi, salah satunya adalah Warren Buffett.

Kita bisa bercerita kepada anak, perjalanan Warren Buffett yang sukses berinvestasi hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Tujuannya adalah agar ia termotivasi untuk menjadi sosok Buffett.


4. Jangan lupa beramal

Jangan lupa beramal? Apa hubungannya dengan investasi?

Ya, sebenarnya tak hanya ilmu berbagi dan saling membantu yang didapatkan anak saat kita mengajarkannya jangan lupa beramal.

Pasalnya dengan beramal, mereka juga akan lebih menyadari kalau banyak orang di dunia ini yang membutuhkan uang sehingga sang anak akan berpikir ribuan kali saat ingin menghamburkan uang.


5. Bercerita

Melalui cerita, kita dapat mendapatkan perhatian dari anak. Mereka pun akan menyimak cerita kita dengan saksama. Mulailah dengan bercerita mengenai pengalaman pribadi, seperti alasanmu menabung uang dan berinvestasi.

Ceritakan juga apa saja yang kita harapkan di masa depan. Dan ceritakan pengalaman mengenai masa lalu kita dan tunjukkan implementasi yang kita lakukan untuk saat ini dari pelajaran masa lalu tersebut.


6. Ketahui cara belajar anak

Banyak sekali cara belajar yang bisa kita praktekkan untuk mengajari sang anak investasi. Pasalnya, cara belajar anak itu beda-beda, ada yang belajar menggunakan penglihatan (visual), ada yang belajar menggunakan pendengaran (listening), dan lainnya.

Karena itu, ketahuilah cara belajar paling efektif untuk anak kita, sehingga kita bisa membuat penyesuaian dan agar lebih cepat tangkap juga.

Agar tak bosan, kita bisa mengajari anak investasi dengan cara berbeda untuk komunikasi, seperti gambar, video, cerita, atau aplikasi smartphone.


Nah, itu dia lima cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengajari anak investasi sejak dini. Dengan begitu, kita sudah membantu si kecil untuk mencapai freedom money di masa depan. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan beberapa cara di atas ya.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

15 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA