• LiveSmart Indonesia

Gimana Ya Generasi Millennial Ketika Menjadi Orang Tua?



Orang tua millennial cerdas dan pintar

Hampir semua orang tua millennial memiliki gelar sarjana, jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan generasi sebelumnya. Kesetaraan genderpun sudah dijunjung tinggi pada jaman sekarang sehingga para ibu juga dapat menjalani pendidikan yang tinggi. Maka dari itu, rata-rata mereka memiliki latar pendidikan yang baik dan pola pikir yang lebih progresif. Dan tentunya hal ini akan sangat berpengaruh kepada anak-anaknya yang akan tumbuh dibawah ajaran ibu millennial.


Orang tua millennial dibentuk oleh teknologi

Generasi millennial hadir bersama munculnya internet, jadi ibu millennial akan cenderung lebih memiliki koneksi atau relasi yang luas. Faktanya, sebagian besar dari ibu millennial memiliki 3 media social yang berbeda, seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Pola asuh yang mereka terapkan juga pun secara tidak langsung akan terpengaruh dari informasi apa yang mereka dapatkan dari internet.


Orang tua millennial tidak mau menjadi ibu sepanjang waktu

Pada masa ini, banyak orang tua yang butuh ‘me time’ juga lho. Faktanya sebanyak kurang lebih 20% ibu millennial mengatakan bahwa mereka bersedia untuk membayar asisten rumah tangga, baby sitter atau bahkan daycare untuk mendapatkan bantuan dalam mengurus anaknya sehingga mereka tetap bisa beristirahat sejenak dari kegiatannya yang sibuk.


Orang tua millennial melakukan banyak hal dengan cara berbeda dari orang tuanya

Sebuah penelitian menemukan kalau generasi millennial berkomunikasi dengan orang tua sendiri melalui SMS. Sebagian besar dari kita juga lebih memilih mengirim undangan pesta ulang tahun melalui online. Kita juga tidak mau repot-repot mengirim kartu ucapan dengan tulisan tangan. Hal-hal tersebut jelas berbeda dengan apa yang dilakukan oleh orang tua kita dulu.


Punya cara kreatif untuk dekat dengan komunitas

Ibu millennial suka membangun hubungan dekat dengan komunitasnya dengan cara yang menarik, baik melalui blogging dan menulis berbagai artikel tentang pola asuh anak, misalnya kita pasti tidak akan ragu membagikan tulisan tentang susah-senang memiliki anak kembar. Kita juga suka menulis resep masakan keluarga di situs memasak atau membuka toko online untuk menjual produk kerajinan tangan buatan sendiri. Satu dari 5 ibu berhasil menulis blog dengan jumlah followers yang cukup banyak, dan lebih dari setengahnya berencana untuk memulai bisnis online sendiri.


Orang tua millennial membiarkan anak membuat keputusan

Saat menerapkan pola asuh anak, kita tidak segan mencoba metode yang kontroversial, seperti baby-led weaning, membiarkan anak laki mengenakan warna baju yang identik dengan warna perempuan, atau membiarkan anak perempuan memanjat pohon. Ibu dari generasi millennial lebih suka membiarkan anak memilih kesukaannya dan jalannya sendiri. Mereka memberi pilihan yang tidak mereka miliki sebelumnya.


Menjadi stay-at-home moms

Kebanyakan Ibu millennial ingin membesarkan anak dengan pola asuh anak yang kita inginkan. Kita senang bertanggung jawab atas kehidupan kita. Maka dari itu, 45 persen Ibu millennial memilih menjadi stay-at-home moms.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

108 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle