• LiveSmart Indonesia

Didik Anak Dari Sekarang atau Anak Kuasai Orang Tua Kelak!

Updated: Jun 9



Ingat parents! Mendidik anak proses sekali jalan, tidak dapat diulang. Anak tidak akan tambah kecil, tapi tambah dewasa, besar, dan kuat. Dan kita tambah tua. Kalau kita sebagai orangtua tidak mendidiknya dari sekarang, resistance anak akan semakin bertambah dan anak yang akan menguasai dirimu kelak.

Lalu bagaimana orang tua bisa mendidik anak dengan disiplin?

Banyak orang berpikir bahwa mendidik anak dengan keras atau fisik dapat membuat anak menjadi penurut dan patuh. Padahal sebaliknya, hal ini akan menggangu mental anak dan tidak baik untuk kesehatan jiwa anak tersebut.


Jadi bagaimana caranya mendisiplinkan anak dengan benar?


1. Time Management.

Berikan anak kesempatan untuk belajar mengatur waktu untuk melakukan sesuatu. Jika anak melewatkan sarapan karena kesiangan bangun pagi, parents bisa memberi mereka nasihat agar lain kali tidak mengulangi lagi dan perlunya memanage waktu dengan baik.


2. Luangkan waktu untuk Bonding.

Anak-anak biasanya melawan atau tidak mau mendengarkan orang tua karena orang tua pun terkadang tidak memiliki waktu untuk mendengarkan keluh kesah anak. Maka, sediakan waktu khusus untuk berbicara berdua dengan anak, sehingga parents bisa menjadi teman dan anak pun akan lebih mendengarkan nasihat dan peraturan yang dibuat bersama.


3. Berikan reward.

Reward disini tidak selalu memaksudkan barang atau materi, tapi sekadar pujian ketika anak mencapai sesuatu atau berusaha membuat suatu hal, akan membuat anak merasa dihargai usaha dan kerja kerasnya. Daripada mengomeli anak sewaktu mereka gagal, parents bisa menyemangati anak agar tidak mudah menyerah namun berusaha lebih giat lagi.


4. Biarkan anak menanggung konsekuensi.

Setiap perbuatan ada akibatnya, maka parents bisa memberikan kesempatan untuk anak menjadi disiplin dengan membiarkan anak menanggung akibat dari perbuatan mereka. Misalnya, sewaktu mereka bangun kesiangan, akibatnya terlambat ke sekolah dan kena hukum dari guru. Dengan begitu akan menimbulkan efek jera pada anak agar tidak terlambat di kemudian hari.


Memukul mungkin dianggap sebagai solusi yang terbaik dan cepat membuat anak disiplin. Banyak jenis penelitian di luar sana yang telah menyimpulkan bahwa anak-anak yang telah dipukul lebih sering pada anak usia lebih rentan terhadap depresi dan rendah diri di masa dewasa nanti. Kekerasan bukanlah solusi untuk masalah, terutama pada anak-anak. Daripada memukul, maka parents bisa mencoba tips diatas agar menjaga anak tetap disiplin demi masa depan mereka nantinya. Karena kebiasaan yang baik atau pun buruk pada anak bisa terbawa sampai anak dewasa.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

7 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA