• LiveSmart Indonesia

Diajak social distancing, anak malah maunya main sama tetangga?



Apa itu Social Distancing?

Social distancing adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi yang dimaksudkan untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Tujuannya adalah untuk mengurangi kemungkinan kontak antara orang terinfeksi dan orang lain yang tidak terinfeksi, sehingga dapat meminimalkan penularan penyakit.


Namun Tau gak parents, ada banyak yang bisa di lakukan oleh anak saat dirumah loh agar anak tidak bosan dan suasana rumah juga bisa menyenangkan dan pastinya meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak!


1. Membaca buku bersama

Sepertinya banyak dari parents yang suka sekali membelikan buku untuk anaknya namun karena kesibukan pasti buku tersebut lupa untuk di baca. Nah, sekarang waktunya membuka buku tersebut dan membaca bersama dengan anak-anak.


2. Melakukan eksperimen kecil lalu mendiskusikan bersama

Kemarin ada video viral mengenai pentingnya cuci tangan menggunakan sabun, dimana tangan yang sudah ada sabunnya saat di masukan ke tempat yang berisi partikel maka partikel-partikel akan menjauh. Biasanya anak-anak akan lebih cepat menyerap informasi jika langsung di praktekan loh parents!


3. Menonton film bersama

Anak-anak pasti suka jika menonton film apalagi film dengan tokoh kesukaannya. Menonton film ialah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga. Ingat juga parents, kita harus memberikan genre film yang sesuai dengan anak serta memiliki sisi edukatif juga.


4. Sharing session

Terkadang anak-anak tidak punya waktu untuk sharing problem mereka karena sudah lelah setelah sekolah atau les, nah parents disaat seperti ini lah kesempatan anak bisa share problem mereka dan parents juga bisa menggali lebih dalam yang mereka butuhkan dan struggle mereka. Hal ini dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak


Namanya anak-anak pasti susah disuruh untuk social distancing. Terlebih naluri mereka pasti pengennya main dengan teman sebayanya di luar rumah. Disinilah peran orang tua untuk membantu menjelaskan kepada mereka apa itu "social distancing" dan juga manfaatnya di kondisi seperti ini.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

3 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle