• LiveSmart Indonesia

Cara Menjadi Orang Tua Dari Generasi Alpha



Menjadi orang tua dari generasi yang paling pintar dan dikelilingi teknologi ini tentunya tidak akan mudah. Namun beberapa poin di bawah ini bisa dicoba agar membangun kebiasaan yang baik lho parents!


1. Mengikuti perkembangan teknologi informasi

Generasi Alpha sangat melek teknologi, sehingga orang tua harus peka terhadap perkembangan teknologi. Dengan demikian orang tua bisa membimbing anak agar menggunakan teknologi secara bijak. Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak saat menggunakan gadget. Sebab, akses informasi yang sedemikian terbuka memudahkan anak untuk membuka konten apa saja, ditambah lagi rasa ingin tahu yang besar membuat anak ingin mengeksplorasi apa pun. Karena itulah, orangtua perlu mendampingi anak saat menggunakan gadget.


2. Mengasah kemampuan sosial

Karena asik bermain gawai, keterampilan sosial generasi Alpha cenderung kurang atau lemah. Orangtua perlu mengajarkan anak bersosialisasi. Mulai dari hal sederhana, misalnya, bermain dengan anak tetangga, berkunjung ke rumah saudara, kerabat, dan sebagainya. Jika memungkinkan, libatkan anak Anda pada suatu komunitas kegiatan sehingga semua kemampuannya terasah baik komunikasi, sosialisasi, dan emosi.


3. Aktif bergerak

Generasi Alpha akan terbiasa dengan teknologi informasi yang serba instan. Mereka diprediksi tumbuh menjadi anak yang malas bergerak karena dimanja dengan perangkat teknologi yang serba cepat. Akibatnya, anak generasi Alpha lebih berpotensi menderita obesitas dan penyakit kronis lainnya. Biasakan buah hati Anda untuk rajin bergerak. Sering-seringlah melatih motorik kasarnya seperti: mengajaknya berlari kecil, melatih keseimbangan, memanjat, menendang bola, menari dan sebagainya.


4. Membekali nilai moral

Selain membawa manfaat, teknologi informasi juga memiliki dampat negatif. Sudah menjadi tugas orangtua untuk menjelaskan mana yang boleh dan yang tidak boleh mereka akses. Bekali anak-anak Anda dengan nilai-nilai moral, agama dan etika. Sehingga, ketika mereka tumbuh besar dan tak perlu lagi didampingi, dalam pikiran mereka telah tertanam nilai-nilai positif dan mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk.


5. Mencegah kecanduan teknologi

Kecanduan bermain gadget dapat menyebabkan anak malas bersosialisasi atau melakukan aktivitas lainnya. Didik anak-anak Anda agar tidak tergantung pada teknolgi. Contohnya, anak hanya boleh memegang gadget selama satu jam setiap harinya. Aturan ini harus ditegakkan dengan sangat ketat.


6. Menjadi teman berbagi untuk anak

Sebagai orangtua, Anda juga harus bisa berperan sebagai teman diskusi, tempat bertanya dan tempat mencurahkan kasih sayang bagi anak.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

4 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle