• LiveSmart Indonesia

Cara Menjadi Diri Sendiri

Updated: May 16, 2019



1. Terima Diri Kamu Sendiri Apa Adanya.

Terkadang kita suka meniru orang lain untuk menjadi panutan hidup kita. Salah satu alasannya adalah karena kamu tidak puas dengan kehidupan yang sekarang kamu jalani. Hal ini bisa juga dibarengi dengan perasaan malu dan gengsi, nggak mau dilihat lemah sama orang lain, dan berbagai alasan lainnya. Tak ada gunanya untuk malu dengan kehidupan yang kamu jalani saat ini, cobalah untuk melihat seberapa besarnya nikmat kehidupan yang patut kamu syukuri.


Jika kamu tidak bisa menghargai hidup kamu apa adanya, bagaimana bisa orang lain menghargai kamu?


Oleh karena itu, cobalah menerima kehidupan kamu apa adanya, terima apa kekurangan dan mensyukuri segala kelebihan. Percaya deh, kalo kamu sudah bisa menerima diri sendiri apa adanya, kebahagiaan dan ketenangan sudah didepan mata.


2. Meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri.

Kadang kita terlalu sibuk mencari tahu bagaimana menjadi ‘dia’ atau ‘orang itu’, sampai-sampai kita malah melupakan untuk mengenal siapa sebenarnya kita ini, memang sih menjadi orang lain itu menyenangkan, namun bisa jadi kan kamu juga adalah orang yang istimewa. Malahan nggak kalah dari orang selalu kamu tiru itu!


Luangkanlah waktu untuk mengenal siapa sih kamu itu, apa prestasi dan pencapaian yang sudah kamu dapatkan, apa yang sudah kamu lewatkan, perjuangkan dan korbankan. Teruslah introspeksi diri kamu sendiri sampai kamu tahu siapa diri kamu sebenarnya. Bisa jadi ada orang lain yang ingin menjadi diri mu saat ini sedangkan kamu malah sibuk ingin menjadi orang lain.


3. Abaikan semua pendapat orang lain kepada dirimu.

Alasan yang masuk akal lainnya kenapa kamu ingin menjadi orang lain adalah karena kamu selalu peduli dengan apa pendapat dan pikiran orang lain tentang dirimu, kamu seolah sudah makan sugesti dengan pendapat itu lalu menyalahkan kenapa hidup kamu seperti itu.


Maka dari sekarang, berhentilah untuk mendengarkan hal-hal yang tidak penting, berhentilah merasa khawatir dan cemas apa pendapat dan apa pikiran orang lain tentang dirimu, jangan biarkan orang lain mengendalikan hidupmu.


4. Terima pendapat orang yang peduli kepada dirimu.

Terkadang kamu juga tak mesti harus selalu menutup telinga dengan pendapat orang lain tentang dirimu, khususnya orang-orang yang sudah kamu kenal dekat, seperti keluarga ataupun teman dan sahabat. Orang-orang yang berharga ini biasanya tidak akan memberikan pendapat tentang kamu yang menjatuhkan, malah pendapatnya bersifat neasehat yang membangun dan memperbaiki diri kamu sendiri.


Maka dari itu, kamu patut untuk mendengarkan dan menerima semua penilaian orang-orang terdekat kamu untuk kebaikan dirimu sendiri. Lebih baik memperbaiki diri dari penilaian yang membangun ketimbang penilaian orang lain yang ingin menjatuhkan.


5. Memperhatikan perkembangan yang terjadi pada dirimu.

Memang baik untuk memperhatikan perkembangan yang ada di sekeliling kamu, karena jika mengabaikan perkembangan dunia, kamu akan ketinggalan kereta. Namun kamu juga gak harus selalu terpaku dengan perkembangan orang lain, takutnya rasa kagum dengan seseorang akan semakin membesar.


Salah satu alasan kenapa kamu ingin menjadi orang lain adalah karena kamu terlalu kagum pada orang tersebut, dari perasaan kagum ini maka munculah keinginan untuk meniru agar orang lain bisa juga mengagumi kamu.


Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi perasaaan kagum tersebut dan lihat perkembangan yang terjadi pada dirimu sendiri. Mungkin aja, sudah banyak sekali perkembangan yang mestinya dibanggakan tetapi kamu abaikan.


6. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupun dengan dirimu, jika kamu memiliki kekurangan, pastinya kamu juga memiliki kelebihan. Namun terkadang, kamu hanya fokus pada kekurangan dan mengacuhkan kelebihan yang ada pada dirimu sendiri.


Salah satu alasan kenapa kamu tidak bisa bahagia adalah karena kamu keseringan membanding-bandingkan kehidupan kamu dengan hidup orang lain. Kamu merasa nggak, ketika kamu membandingkan sesuatu dengan orang lain itu hanya akan menimbulkan kekecewaan?


Oleh karena itu untuk menjadi diri sendiri, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah jangan pernah membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena jika kamu membanding-bandingkan maka kamu sama saja menghina dirimu sendiri.


7. Fokus pada tujuan akhir.

Dalam hidup ini kita harus mempunyai tujuan hidup, karena dengan adanya tujuan hidup, maka hidup kamu akan terasa sangat bermakna. Kita pasti mempunyai tujuan untuk apa sih hidup kamu jalani, namun terkadang, ada-ada aja yang mesti membuat kamu untuk berbelok arah, dengan kata lain nggak konsisten dengan tujuan awal kita.


Salah satu alasan kenapa kamu gak konsisten dengan tujuan akhir adalah karena adanya pengaruh orang lain, ketika kamu melihat orang lain berhasil dan sukses dengan cara mereka, kadang kamu akan meniru yang sudah mereka buat supaya kamu juga akan sukses sepertinya.


Nggak perlu ikutan-ikutan dengan jalan orang lain, kamu pun mempunyai jalan dan cara kamu sendiri untuk mencapai cita-cita dan semua harapan dan impian. Percaya deh, saat kamu sukses dan berhasil dengan cara kamu sendiri, kesuksesan kamu akan sangat bermakna ketimbang kamu mengikuti jalan orang lain. Maka dari itu, konsistenlah dengan tujuan awal yang sudah kamu rencanakan, tetaplah pada pendirian awal.


8. Fokus pada kebahagiaan yang kamu dapatkan.

Alasan selanjutnya kanapa kamu sangat ingin menjadi orang lain adalah karena kamu sedang ingin mencari kebahagiaan yang baru, boleh aja kok kamu mencari kesenangan dan kebahagiaan yang baru, namun jangan sampai pernah melupakan kebahagiaan yang pernah kamu dapatkan, karena salah satu sifat manusia yaitu cenderung melupakan susatu ketika ada sesuatu yang baru datang.


Coba telusuri lagi apa-apa aja yang sudah membuat kamu bahagia selama ini, kapan kamu terakhir kali tersenyum bahagia, bagaimana perjuangan kamu di masa lalu hanya sekedar ingin bahagia. Jika kamu sudah tahu, maka jangan pernah meninggalkan kebahagiaan itu atau bahkan melupakannya, karena hal itulah yang selama ini sudah membentuk pribadi kamu hingga saat ini.


9. Sampaikanlah kekurangan kamu kepada orang lain dengan halus.

Untuk mempermudah kamu menjadi diri sendiri adalah kamu harus tahu bagaimana untuk membuat mereka bisa menerima kamu apa adanya, bagaimana membuat mereka tidak sesekali peduli dengan kekurangan dan kelebihan yang kamu punya.


Hal ini nggak akan terjadi jika kamu terus-menerus menutupi kekurangan dan selalu menunjukan kelebihan kamu kepada orang lain. Harusnya seseorang yang benar-benar tulus berteman dengan kamu itu akan dengan mudah menerima kamu apa adanya, orang itu nggak akan peduli bagaimana kamu dan siapa kamu sebenarnya. Namun jika memang kamu merasa khawatir dengan pendapat orang lain tentang kekurangan dirimu, kamu bisa menunjukan secara perlahan kepadanya, agar orang tersebut bisa perlahan menerima kamu apa adanya juga.


10. Tunjukan bahwa kamu sudah berbeda.

Jika kamu mempunyai masa lalu yang kurang baik, maka kamu bisa buktikan bahwa kamu sudah berbeda dengan masa lalu, kamu nggak lagi terpaku dengan masa lalu karena saat ini telah menatap masa depan dengan penuh semangat.

Begitupun untuk menjadi diri kamu apa adanya, jangan terlalu fokus pada masa lalu yang kamu miliki. Jika kamu dulunya sering meniru orang, maka saat ini kamu sudah bisa tampil apa adanya. Percayalah akan ada seseorang yang bisa menyukai dan menerima kamu apa adanya.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

2 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle