• LiveSmart Indonesia

Parents, inilah cara belajar efektif lewat film!



Banyak cara untuk mendidik anak, terkadang anak akan lebih mudah menyerap melalui visual dan audio karena lebih menarik, parents! Nah film adalah salah satu media juga untuk memberikan pesan positif kepada anak. Ingat parents, sambil di awasi ya supaya kita sebagai orang tua juga bisa membantu anak untuk menjelaskan!


Film apa saja yang mendidik untuk anak-anak?


Livesmart sudah merangkum beberapa film yang cocok untuk di tonton bersama keluarga:


1. Petualangan Sherina

Wah parents pasti sudah tau cerita perihal Petualangan Sherina! Nah film ini memang sudah jadul parents akan tetapi di dalam film tersebut tersirat banyak sekali moral valuenya. salah satunya ialah arti sebuah pertemanan. Di mana anak diajarkan untuk tidak menghina satu sama lain, dan berteman tanpa harus memandang status sosialnya. Dalam film ini sebuah pelajaran berharga di mana kita diajarkan untuk saling tolong menolong sebagai wujud makhluk sosial.


Diawal Sherina dan Derby memang bermusuhan, namun akhirnya mereka bisa berteman dengan baik. Kisah petualang yang menarik dan sangat menarik untuk di tonton. Belum lagi beberapa lagu yang dibawakan sangat cocok dinyanyikan oleh anak-anak dan pastinya akan terngiang-ngiang akan lagunya!


2. The Good Dinasaur

Film The Good Dinosaur ini ialah film animasi yang menceritakan tentang persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus. Dinoasurus bernama Arlo ini harus menempuh perjalanan panjang yang mengharuskan dirinya lebih berani.


Namun, Arlo tidak sendiri dalam menempuh perjalanannya karena ada anak manusia yang ikut membantu. Beberapa pesan moral yang terdapat di film The Good Dinosaur, seperti:

- Belajar mengelola rasa takut.

- Memberikan gambaran mengenai sahabat sejati.

- Menanamkan tanggung jawab kepada anak-anak.

- Memberikan pemahaman bahwa keluarga adalah segalanya.

- Sabar menanti karena semua akan indah pada waktunya.

- Membantu anak-anak menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya ke orang lain.


3. Keluarga Cemara

Berceritakan tentang keluarga, kisah legendaris Abah, Emak dan anak-anaknya dari sebuah sinetron kemudian diangkat menjadi sebuah film. Hampir sama dengan sinetronnya, film ini akan mengisahkan Abah yang dahulunya kaya dan modern, tiba-tiba jatuh miskin. Dari sini Abah kemudian harus memimpin keluarganya dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang ia miliki. Akan ada banyak pelajaran dan nilai-nilai positif yang diperoleh usai menyaksikan film Keluarga Cemara seperti kesederhaan, kejujuran, dan kerjasama tolong menolong.


4. Toy Story

Film yang mempunyai mempunyai beberapa sekuel, Toy Story pasti sudah di kenal oleh anak-anak kita. Filmnya memperkenalkan kita pada para mainan Andy yaitu Buzz, Woody, Rex, dan yang lainnya. Pemilik mereka, Andy, merupakan seorang anak laki-laki muda, sementara Molly adiknya saat itu masih sangat kecil. Di film ini, di ceritakan tentang petualangan mainan Woody dan teman-temannya yang menyelamatkan sahabat mereka yang hilang. Disinilah anak-anak akan diajarkan bahwa harus setia kawan dan hasil terbaik bisa didapat dengan team work.


5. Moana

Jika parents menonton film ini bersama anak pasti akan semakin mengenal sosok Moana karena dirinya termasuk gadis yang pemberani. Sikap keberanian dari Moana bisa memberikan contoh tersendiri untuk anak-anak yang menonton petualangannya. Di film ini, Moana memulai petualangan berlayarnya menggunakan perahu dengan mencoba meyakinkan Maui yang seorang dewa untuk segera mengembalikan hati sang Dewi kehidupan bernama Te Fitti.

Jika hati sang Dewi tidak dikembalikan ke tempat semula, pulaunya akan mati sehingga banyak hasil panen gagal dan banyak ikan-ikan mulai mati.


Nah, kira-kira akan menonton film yang mana nih parents? Jangan lupa selagi menonton bisa di siapkan cemilan supaya lebih asyik!


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

8 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA