• LiveSmart Indonesia

Berkomunikasi Dengan Efektif Dalam Keluarga, Pentingkah?

Sebelum membahas tentang komunikasi antar keluarga, kita perlu mengetahui apa itu ‘komunikasi’. Komunikasi adalah proses penyampaian atau pertukaran informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain baik secara verbal maupun non verbal. Terkadang dalam berkomunikasi bisa terjadi kesalahpahaman atau salah informasi diberikan kepada orang lain. Hal inilah yang dapat menyebabkan perselisihan dengan orang lain. Dan dalam kasus ini, keluarga.


Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika parents dan anak berkomunikasi. Apa saja?


1. Kritik terhadap ide, pemikiran atau perasaan anak. Menyebabkan rendahnya kepercayaan diri pada anak.

2. Mengungkit kesalahan anak yang sudah lama berlalu. Hal ini akan membuat anak tidak bersemangat dan dihantui rasa bersalah serta tidak mau berkembang.

3. Terlalu mengarahkan dan mendikte anak untuk melakukan hal-hal yang diinginkan orang tua. Mengarahkan anak untuk melakukan sesuatu yang baik memang bagus, namun anak juga semakin dewasa memiliki aspirasi sendiri dan ingin melakukan hal baru. Biarkan anak bereksplorasi dengan dunianya namun tetap pantau keamannya.

4. Menyalahkan anak atas hal buruk yang terjadi. Dalam keluarga bisa jadi terjadi masalah, namun karena orang tua emosi, bisa jadi menyalahkan anak dan mengatakan mereka adalah penyebabnya. Hal ini harus sangat dihindari karena dapat membuat anak rendah diri dan merasa tidak disayangi oleh keluarga sendiri.


Selanjutnya, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dengan anak?

1. Dengarkan anak seperti parents ingin didengar.

2. Melakukan kontak mata ketika sedang berkomunikasi dengan anak. Hal ini akan membuat anak nyaman dan merasakan perhatian penuh parents ketika mereka sedang menceritakan sesuatu.

3. Jangan langsung menyimpulkan ketika anak mengatakan sesuatu, tapi dengarkan baik-baik semua yang dibicarakan anak terlebih dahulu. Jika ada yang kurang dimengerti, tanyakan lagi dan minta penjelasan lebih lengkap.


Komunikasi dengan anak yang terjalin dengan baik juga dapat membuat hubungan anak dan orangtua terasa menyenangkan. Sebaliknya, komunikasi yang terjalin dengan buruk dapat membuat anak tidak menghormati orangtuanya, sering terjadi pertengkaran antara anak dan orangtua, dan perasaan tidak berharga pada anak. Komunikasi antar orang tua dan anak yang baik dapat mempererat hubungan orangtua dan anak.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

17 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA