• LiveSmart Indonesia

Bekali Anak Dengan Leadership Skill



Menurut Parents, leadership skills itu dapat dibentuk atau merupakan bawaan dari lahir?


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemimpin dibentuk, bukan hanya dilahirkan. Hal ini membuktikan bahwa karakter dan skill (kemampuan) sangat berperan besar dalam kepemimpinan seseorang. Jika tidak dilatih sejak dini, maka anak tidak dapat menjadi pemimpin yang handal di masa depan. Karena itu, pelatihan leadership di institusi pendidikan seperti sekolah atau universitas sangat penting untuk dilakukan.


Manfaat Leadership

Melatih kepemimpinan lebih efektif dimulai sejak masa kecil, khususnya pada masa-masa sekolah. Ada tiga manfaat utama program leadership, yaitu:


1. Membentuk Skill dan Karakter

Leadership atau kepemimpinan akan membangun karakter dan melatih skill seseorang. Semakin cepat dilatih maka semakin banyak dan kuat karakter yang terbentuk serta skill yang dikuasai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa masa anak-anak adalah masa windows of opportunity. Pada masa ini, daya tangkap mereka sangat tinggi dan otak mereka dapat menyerap banyak hal melalui pengalaman. Sangat berbahaya jika para siswa menyerap hal-hal yang negatif dan tidak membangun. Karena itu, sekolah sebagai institusi harus menyiapkan pengalaman yang akan bermanfaat bagi siswa.


2. Belajar berorganisasi

Organisasi adalah salah satu sarana tepat untuk melatih kepemimpinan. Sekolah dan universitas sebagai institusi pendidikan harus mempersiapkan sarana bagi siswa untuk dapat berorganisasi. Dalam dunia bisnis nanti, kualitas para siswa sebagai pemimpin akan dilihat dan diuji. Orang akan lebih tertarik dengan pengalaman mereka daripada diri mereka sendiri. Dengan berorganisasi, mereka dapat mempraktikan secara langsung semua skill yang telah dipelajari, khususnya kerjasama tim (teamwork), sehingga mereka siap untuk menjadi pemimpin di masa depan.


3. Membangun kepercayaan diri

Leadership semasa dini akan menumbuhkan rasa percaya diri. Para siswa tidak akan pernah berani memimpin jika tidak pernah memegang tanggung jawab. Karena itu, adanya pelatihan leadership di sekolah akan melatih keberanian dan kepercayaan diri dalam memimpin. Semakin sering mereka memimpin, maka akan semakin terbiasa untuk memegang kendali. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi pemimpin handal di masa depan.


Anda akan melihat perbedaan signifikan antara seorang pemimpin yang terlatih dengan yang belum. Pemimpin yang sudah terbiasa memimpin akan lebih percaya diri, dapat menghadapi masalah lebih bijak, dan tampak lebih nyaman bekerja dalam tim.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

57 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA