• LiveSmart Indonesia

Bahaya Anak Tidak Memiliki Tujuan Hidup!

Updated: Jun 18



Sewaktu bertanya kepada anak, “nak, kamu mau jadi apa?” atau “nak, kamu mau ambil jurusan apa?” anak menjawab.”nggak tahu”. Pernahkah parents mengalami hal ini? Kebanyakan dari anak-anak menjawab seperti itu karena mereka belum mengetahui tujuan dan cita-cita untuk masa depan mereka. Namun, tahukah parents bahwa hal tersebut berbahaya? Mengapa berbahaya? Simak alasannya berikut ini.

1. Susah menentukan penjurusan SMA dan kuliah.

Ketika anak bingung ingin jurusan apa sewaktu SMA atau kuliah, hal ini akan menjadi struggle tersendiri bagi si anak. Mengapa? Karena akan menyebabkan mereka kesulitan mengikuti pelajaran dan tidak mengetahui apa sebenarnya alasan mereka mempelajari subjek tersebut. Maka penting untuk mengetahui minat dan bakat anak.

2. Tidak pernah mengetahui bakatnya. Setiap anak pasti memiliki bakat dan talenta masing-masing. Namun sayangnya, banyak yang tidak terlihat dan bahkan mereka tidak tahu bakatnya, padahal anak-anak memiliki potensi besar untuk menjadi sukses di masa depan jika bakatnya sudah diasah sedari dini.

3. Tidak punya motivasi belajar. Tugas utama anak sekolah adalah belajar. Namun ketika mereka tidak memiliki motivasi belajar, maka nilai tugas ataupun ulangan tidak akan maksimal. Mereka pun tidak akan semangat mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru karena cara penyampaian yang kurang cocok bagi beberapa anak. Maka penting memiliki motivasi agar mendapat nilai dan menyerap pelajaran secara maksimal.

4. Tidak punya pendirian dan suka ikut-ikutan teman. Nah parents, hal ini yang paling berbahaya ketika anak tidak memiliki tujuan hidup. Mereka cenderung ikut-ikutan teman. Mengapa berbahaya? Karena tidak semua teman membawa pengaruh positif bagi anak kita, bukan? Ketika temannya memilih jurusan IPA Misalnya. Tanpa berpikir panjang, anak yang tidak punya pendirian akan ikut meski tidak mengerti dan tidak suka pelajaran IPA. Dan hasilnya pun terlihat dari nilai di rapot dan semangat belajar yang menurun ketika mengetahui bahwa mereka tidak enjoy di jurusan IPA. Begitupun dalam kehidupan ketika ada teman yang berbuat buruk, maka mereka juga akan ikut-ikutan. Parents harus pastikan anak memiliki pendirian dan tujuan hidup.


Apakah anak anda belum memiliki tujuan atau cita-cita untuk masa depannya? Sayangnya kebanyakan anak belum memiliki Tujuan hidup atau cita-cita sehingga tidak mengetahui potensi besar yang dimiliki dalam diri mereka, dan hanya ikut-ikutan orang lain dalam membuat pilihan. Maka penting untuk mengetahui cita-cita dan potensi anak sejak dini. Bagaimana cara mengetahuinya? Silahkan berkonsultasi dengan kami untuk info lebih lanjut!


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

6 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA