• LiveSmart Indonesia

Di era serba digital ini, bagaimanakah supaya anak tidak terjerat penyalahgunaan teknologi?




Pesatnya perkembangan teknologi saat ini dikhawatirkan dapat berdampak buruk terhadap perkembangan dan perilaku anak, bila tidak ada pengawasan dari orang tua. Karena itu para orang tua harus menerapkan pola asuh anak dan remaja sejak dini.


Lalu, bagaimana supaya anak kita tidak terjerat penyalahgunaan teknologi yang ada saat ini?

1. Kritisi

Sebelum kita memberikan akses kepada anak, sebelumnya kita harus memastikan konten atau aplikasi tersebut benar-benar aman. Terkadang, kita tidak sadar bahwa beberapa konten diperuntukan kepada remaja atau dewasa, jadi parents harus sangat berhati-hati dalam hal ini.

2. Diskusi

Terkadang konten yang mereka akses tidak sesuai, hal ini bisa di diskusikan kepada anak tentang apa saja yang boleh mereka akses. Juga, beri mereka pemahaman bahwa meskipun bisa have fun sewaktu main gadget, jangan lupa untuk bersosialisasi secara real life, karena di masa depan nanti sewaktu sudah dewasa mereka harus berinteraksi dengan banyak orang.

3. Batasi

Teknologi memang mengasyikan namun orang tua harus batasi apa, dimana, dan kapan anak-anak dapat mengakses. Di usianya yang masih sekolah, mereka harus mengerjakan tugas dari sekolah dan tanggung jawab di rumah seperti, membereskan kamar, merapikan mainan, dll sebelum mereka boleh mengakses teknologi.

4. Patuhi

Perlunya ada peraturan yang dibuat bersama dalam penggunaannya disertai konsekuensi. Sebelum diijinkan bermain gadget, ada baiknya dibuat kesepakatan mulai jam berapa sampai jam berapa dan apa konsekuensinya jika melewati batas tersebut. Juga sewaktu sedang makan dan mengerjakan tugas tidak boleh sambil bermain gadget karena akan mengganggu konsentrasi dan menjadi distraction sewaktu belajar.

5. Nikmati

Orang tua perlu bermain bersama dengan anak supaya dapat merasakan manfaatnya. Hal ini juga akan meningkatkan bonding bersama keluarga sewaktu di rumah. Anak juga dapat merasakan bahwa parents memperhatikan mereka juga.

Seperti yang kita ketahui, kita tidak bisa stop anak-anak untuk tidak memanfaatkan teknologi namun kita bisa mengawasinya. Karena sejatinya, gadget yang anak-anak miliki ialah hasil pemberian orang tua.

Dan dalam teknologi sendiri sebenarnya banyak hal-hal positif jika orang tua dapat membimbing anak-anak dalam penggunaan gadget yang mereka miliki. Dalam hal ni juga orang tua wajib memberikan contoh terlebih dahulu agar anak-anak dapat memiliki role model dalam bijaksana menggunakan gadget.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

17 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA