• LiveSmart Indonesia

Bagaimana Mengasah Kreativitas Anak?



Setiap anak terlahir dengan tingkat kreatifitas yang berbeda. Maka, orang tua perlu mengetahui hal ini agar bisa mengasah kreativitas anak. Lalu bagaimana mengetahui kekreativitasan anak?


1. Bermain

Bermain ialah salah satu media yang bisa di gunakan untuk mengembangkan kreativitasan anak. Sediakan berbagai mainan untuk anak dan orang tua juga bisa membuat sendiri dengan mencarinya di Instagram, Youtube maupun Pinterest. Parents juga bisa menyediakan board game agar anak tidak melulu bermain gadget.


2. Buat anak untuk berimajinasi

Ketika kita membacakan buku untuk anak, kita bisa membuat anak untuk berimajinasi atau bermain role play. Dan juga melibatkan anak untuk mengira-ngira apa yang akan terjadi di dalam cerita tersebut. Hal ini bisa meningkatkan kreativitas anak juga lho parents!


3. Memberikan pertanyaan kreatif

Sesekali orang tua dapat memberikan pertanyaan yang membuat anak berekspresi secara verbal ataupun nonverbal. Seperti, "Coba bagaimana mobil-mobilan ini bisa berjalan?" atau, "Apa yang akan terjadi jika kran ini tidak di tutup?". Jika jawaban tidak tepat, setidaknya mereka sudah berusaha untuk berfikir.


4. Biarkan anak bereksplorasi

Kita tau jika anak mempunyai tingkat keingintahuan yang sangat tinggi. Biarkan mereka mencoba untuk bereksplorasi terhadap dunia sekitarnya. Namun, anak juga harus di beritahu jika ada yang berbahaya. Parents bisa membimbing mereka sewaktu misalnya anak-anak memegang hewan tertentu atau tanaman yang bisa berbahaya, namun jangan menakut-nakuti mereka ya!


5. Beri pujian

Bagaimanapun aktifitas yang dilakukan anak, kita harus tetap memberi pujian dan arahan supaya anak tetap merasa di dukung dan di apresiasi agar mereka mau terus belajar dan mengeksplor kedepannya.

Menurut penelitian, otak manusia terbagi 2 yaitu otak kanan dan otak kiri. Dimana kreativitas berada di otak kanan. Dan kita pun dapat mengasah hal tersebut, Kreativitaspun dapat di asah sejak dini. Terlebih lagi jika mengasah otak sejak dini, anak akan memiliki kemampuan lebih daripada yang tidak mengasah otaknya. Maka dari itu, parents bisa mulai dari sekarang mencoba kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan otak anak

Bagaimana mengetahui kreativitas anak? Livesmart sudah memberikan infonya kepada parents. Kalau parents di rumah, adakah cara tersendiri?


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

3 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle