• LiveSmart Indonesia

Bagaimana Kalau Anak Kita Seorang Introvert?

Updated: Apr 4, 2019



Banyak orang tua yang khawatir ketika mengetahui bahwa anaknya adalah seorang introvert. Mereka juga tidak sedikit yang beranggapan bahwa anak yang introvert cenderung tidak dapat sukses di masa depannya nanti.


Padahal, belum tentu juga lho. Seorang yang introvert itu bukan hal yang negative, namun lebih ke kepribadiannya. Mereka sama dengan yang lainnya, hanya saja caranya berbeda.


Anak yang introvert tidak perlu dipaksa untuk berinteraksi atau lebih banyak bicara. Mereka memiliki keistimewaan dan kelebihan tersendiri yang lebih stand out dibandingkan orang lain.


› Mandiri

Anak yang introvert cenderung lebih mandiri lho, parents. Kepribadian seorang introvert yang lebih senang sendirian juga terlihat dari caranya menyelesaikan masalah.

Karena mereka kurang nyaman apabila terlalu banyak orang, mereka akan berusaha sendiri untuk melakukan sesuatu.


› Cenderung memiliki ikatan yang lebih dalam terhadap orang lain

Teman yang dimiliki oleh anak yang introvert mungkin akan lebih sediking ketimbang anak yang extrovert. Namun hal itu disebabkan karena sifat introvert yang cenderung lebih menyaring pertemanannya. Mereka lebih mengutamakan beberapa teman yang mereka kenal baik dibandingkan banyak teman namun tidak semuanya mereka sangat dekat. Jadi apabila mereka sudah berteman baik dengan beberapa orang, pertemanan mereka cenderung lebih erat.


› Berhati-hati

Anak introvert juga cenderung untuk memproses informasi sebaik mungkin untuk dipertimbangkan sebelum mulai bertindak. Bukan berarti mereka penakut ya, namun mereka hanya butuh waktu untuk memerhatikan situasi dan menghindari hal yang mungkin akan disesalinya nanti.


› Pendengar yang baik

Mungkin orang tua pernah menyaksikan beberapa anak yang selalu mencari perhatian di tengah keramaian. Namun tidak dengan anak yang introvert, sifat mereka cenderung sangat kecil kesempatannya untuk melakukan hal tersebut. Mereka cenderung menyerap banyak informasi dibandingkan mengekspresikan apa yang mereka pikirkan. Apabila dikembangkan dengan baik, mereka akan menjadi orang yang paling bisa untuk mendengarkan dan membantu orang lain.


Nah kurang lebih begitulah sifat anak yang introvert. Banyak pula orang dengan sifat introvert yang pada akhirnya menjadi tokoh terkenal ataupun orang yang sukses karena insting mereka yang lebih sensitive terhadap orang lain. Contohnya Albert Einstein, J.K. Rowling, Warren Buffett, Elon Musk, Meryl Streep, dan masih banyak lagi!


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

4 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle