• LiveSmart Indonesia

April Mop Berasal Dari Mana, Sih?

Updated: Apr 4, 2019

Apakah kamu salah satu orang yang merayakan April Mop? Kalau iya, siapa saja sih yang kamu isengin?



April Mop sendiri memiliki sejarah yang tidak pasti. Banyak versi yang beredar mengenai April Mop. Ada yang dari cerita rakyat, ada juga yang berasal dari sejarah. Yuk kita bahas versi-versi tersebut di bawah ini:


· Versi Perang Salib

Perang Salib adalah perang untuk memperebutkan kekuasaan antara umat Islam dan Kristen. Rumornya, April Mop adalah bentuk perayaan hari kemenangan tentara salib yang berhasil membunuh ribuan umat Islam Spanyol lewat cara penipuan. Saat itu, tentara salib menipu tentara muslim Spanyol yang sudah kalah perang. Mereka berkata bahwa warga Spanyol akan dibebaskan dan dibawa keluar Spanyol dengan kapal. Namun, itu hanyalah tipu muslihat. Nyatanya, muslim Spanyol yang menaiki kapal tersebut justru dibunuh oleh tentara salib. Kejadian tersebut terjadi di tanggal 1 April.


· Versi Perancis

Warga Perancis selalu memperingati April Mop sejak 1582. Saat itu, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang awalnya 1 tahun hanya 10 bulan, menjadi 12 bulan seperti penanggalan sekarang ini.

Dulu, perayaan tahun baru dirayakan tanggal 25 Maret sampai 1 April. Banyak rakyat Perancis yang menentang keputusan Paus ini. Dan sebagian dari mereka tetap merayakan tahun baru di tanggal 1 April.

Nah, kebiasaan ini yang kemudian jadi bahan ejekan banyak masyarakat lainnya. Walaupun selalu diejek, masyarakat Perancis masih tetep aja bertingkah aneh dan lucu tiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan. Dan nantinya kita kenal sebagai April Mop.


· Versi Romawi

Joseph Boskin, seorang profesor dari Boston University bilang kalau April Mop muncul dari gagasan para pelawak kerajaan Romawi pada masa pemerintahan raja Contantin I di abad ketiga sampai keempat Masehi.

Para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka untuk menjadi raja di hari tersebut. Dan ternyata, sang raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter, untuk jadi raja sehari pada tanggal 1 April.

Setelah jadi raja, Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan dan kini kita kenal dengan nama April Mop.


· Versi Spanyol

Di negara ini, bentuk April Mop dirayakan setiap 28 September dan dikenal dengan perayaan Dia de los Santos Inocentes atau Hari Anak Tak Bersalah. Namun pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru pada tahun 1978 supaya perayaan ini diundur sehari supaya nggak dijadikan bahan tertawaan publik.


Nah itu dia versi-versi sejarah April Mop yang bisa kami bagikan. Selamat merayakan April Mop bagi yang merayakan.


Ingat ya, mengerjai teman itu boleh, tetapi kamu harus tahu batasan wajarnya ya! Jangan sampai pertemanan kamu merenggang hanya karena dia tidak terima dengan perbuatan kamu.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

26 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle