• LiveSmart Indonesia

Aplikasi yang Kita Harus Punya Sebagai Generasi Millennial

Updated: Oct 10, 2019



“Kamu ini kerjaannya main handphoooone terus,” kata papa mama kita setiap melihat kita sedang memegang smartphone kita. Padahal setuju nggak, SmartGenerations, bahwa jaman kita sudah berbeda dari jaman orang tua kita dan smartphone adalah salah satu dari bagian hidup kita?


Banyak hal yang bisa kita dapatkan di smartphone untuk membantu kita menjadi lebih berpengetahuan, lebih produktif dan lebih memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari, lho!


Supaya isi smartphone kita nggak hanya social media dan games, kita harus punya aplikasi di bawah ini supaya kualitas hidup kita bisa lebih baik!




Any.do

Aplikasi ini sangat praktis untuk mencatat to-do list kita agar rencana kita tetap tersusun rapi dan nggak ada yang terlewat.


-User Interface Any.do friendly dan simple


-Memiliki fitur recurring task yang dapat secara otomatis mengulang task kita perhari/perminggu/perbulan (kita juga bisa customize untuk waktu pengulangannya)


-To-do list dapat dishare ke teman dan keluarga kita, cocok untuk perencanaan event, contohnya persiapan liburan


Any.do dapat kalian download dan gunakan di Google Play Store atau AppStore secara gratis. Adapun fitur premium bagi kalian yang ingin mendapat akses lebih dengan harga yang akan tertera di dalam aplikasinya. Namun jangan khawatir, tetap ada fitur yang bisa kalian gunakan tanpa harus bayar kok!




Google Calendar

Nggak usah diragukan lagi deh, aplikasi yang satu ini udah legendaris supaya kita stay organized. Kalau Any.do tadi untuk to-do yang lebih spesifik, Google Calendar lebih menyediakan jadwal kita dengan overview yang lebih luas.


Bukan hanya personal, sampai perusahaan pun bisa mengandalkan aplikasi ini untuk membuat jadwal kita kedepannya dan bisa juga dishare dengan teman dan keluarga kita. Untuk personal, kita bisa mencatat mulai dari jadwal ujian, jadwal liburan, event-event tertentu seperti konser bahkan ulang tahun orang-orang tersayang kita supaya nggak lupa lho!


Dan kabar baiknya, aplikasi ini seluruhnya gratis!




Loop – Habit Tracker

Kita sudah hidup sehat belum sih?


Kemarin aku minum air berapa banyak ya?


Seberapa sering sih aku berolahraga?


Nah, aplikasi yang satu ini bisa kita gunakan untuk mencatat habit kita setiap

hari. Dan hal ini sangat membantu apabila kita ingin membangun habit agar tetap terkontrol dan tidak bolong-bolong. Dengan kita melihat track kegiatan kita yang sudah ada, pastinya kita lebih semangat untuk melanjutkan kegiatan tersebut karena sayang kan, kalau apa yang kita mulai harus berhenti secara sia-sia?




Flipd

Penting! Terkadang kita perlu disconnect untuk reconnect. Aplikasi ini salah satu pendukung yang bagus, nih!


Flipd dapat membantu kita agar dapat menjauh dari smartphone kita dalam beberapa waktu. Waktu tersebut dapat kita gunakan untuk quality time bersama teman dan keluarga, untuk kamu belajar supaya tidak ada gangguan, atau melakukan kegiatan lainnya.




Notebloc

Supaya catatan-catatan penting kita tersimpan rapi dan tidak hilang, kita bisa pakai aplikasi Notebloc untuk menyimpannya. Catatan kita juga bisa diubah menjadi file PDF yang nantinya secara mudah bisa kita share ke teman-teman kita lho!








Shake It Alarm

Aplikasi yang ini lucu dan kreatif, deh! Simpelnya aplikasi ini adalah alarm yang dapat membantu kamu untuk nggak kembali tidur lagi di pagi hari. Banyak kan, yang suka mematikan alarm lalu kembali tidur?


Ketika kita mau mematikan alarmnya, kita harus bangun dan bergerak agar dapat mematikan alarm tersebut. Belum bangun juga? Aplikasi ini akan memberikan notifikasi kepada orang terdekat kita untuk membangunkan kamu juga!










Wallet/Money Manager/Monefy

Ketiga aplikasi ini memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membantu kita mencatat keuangan kita setiap harinya.


Mengapa ini penting?


Apabila kita tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan kita, maka kita akan cenderung lebih boros dalam menggunakan uang kita. Ketika kita memiliki laporan yang pasti, kita tahu persis berapakah batas pengeluaran perhari kita agar kita tetap dapat bisa menabung.




Duolingo

Coba kamu bayangkan, kalau kita bisa menguasai lebih dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Akan jadi keren dan menjadi nilai tambahan banget kan untuk kita?


Duolingo ini adalah aplikasi untuk belajar bahasa asing dari basic hingga advanced. Mulai dari bahasa Spanyol, Perancis, Mandarin, Jepang bahkan sampai bahasa Klingon, bahasa alien di Star Trek juga ada!




Ruangguru

Udah nggak jaman kelas tambahan ke tempatnya, jaman sekarang ini jamannya kelas tambahan bisa dilakukan dari rumah!


Ruangguru adalah aplikasi yang dikembangkan oleh anak bangsa kita untuk membantu pelajar-pelajar dalam perkembangan akademisnya. Banyak kelas-kelas yang dapat kamu lihat dan ikuti secara online supaya kamu dapat terbantu untuk lebih paham mengenai pelajaran di sekolah kamu.




Socratic

Bersyukurlah pada perkembangan jaman yang canggih ini karena sekarang kita bisa menemukan jawaban dari suatu soal melalui foto! Socratic membantu kita menyelesaikan berbagai pertanyaan mulai dari Kimia, Matematika hingga Sejarah dengan cara mengambil foto pertanyaan tersebut melalui aplikasinya. Jawaban yang kamu dapat juga berupa jawaban secara bertahap serta soal yang serupa dengan pertanyaan kamu.



Nah itu dia aplikasi-aplikasi yang worth for you to try! Saatnya menunjukkan kepada orang tua kita bahwa smartphone nggak melulu soal social media dan games. Dengan berkembangnya teknologi bukan berarti menjerumuskan, karena sesuai dengan namanya, smartphone itu harus dimiliki oleh smart user!



Article by Happy Permatasari

Graphic by Reynaldi Yacobus

Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

52 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle