• LiveSmart Indonesia

Ketika Anak Tidak Punya Communication Skill

Updated: Jun 9



Communication Skill atau kemampuan untuk berkomunikasi sekarang adalah hal yang wajib dimiliki semua orang yang ingin sukses. Namun sayangnya masih banyak anak belum memiliki skill ini atau memiliki problem dalam komunikasi.


Lalu, apa dampak buruknya jika kita tidak mengembangkan skill esensial di Era sekarang ini?


1. Produktivitas Menurun.

Ketika anak kurang mampu berkomunikasi, mereka akan cenderung pasif dan kurang bersemangat ketika diberikan tugas apalagi memberikan presentasi di kelas.


2. Tidak terbuka kepada orang tua.

Ketika anak mengalami suatu peristiwa, anak dengan kemampuan komunikasi yang kurang, akan sulit mengutarakan pendapatnya bahkan kepada orang tua sendiri. Mereka cenderung tidak mengerti bagaimana bisa menceritakan sesuatu kepada orang terdekat sekalipun.


3. Berpengaruh kepada masa depan anak.

Jika skill komunikasi tidak dimiliki atau tidak dikembangkan, maka anak akan merasakan dampak yang lebih besar di masa depan nanti ketika sudah bekerja. Ketika diminta mempresentasikan suatu produk atau jasa, akibatnya mereka tidak dapat meyakinkan client untuk menggunakan produk mereka.


4. Menurunnya kepercayaan diri anak.

Ketika anak tidak bisa berkomunikasi dengan baik kepercayaan diri mereka pasti menurun. Maka dari itu ketika presentasi mereka cenderung ragu dan gugup serta takut.


Sebaliknya, ketika anak sudah dibekali dengan communication skill sedari dini, ini yang akan mereka dapatkan:


1. Memperlancar komunikasi dengan orang lain.

Anak yang pandai berbicara dengan baik, maka dengan sendirinya, ia akan memperoleh kemudahan dan kelancaran dalam berkomunikasi dengan lawan bicara nya. Tidak hanya kepada orang lain, maka parents juga akan bisa berkomunikasi dengan anak lebih baik.


2. Meningkatkan kepercayaan diri.

Biasanya pembicara yang baik memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Jika memiliki skill ini, Anak bisa dengan mantap mengungkapkan gagasan atau isi pikirannya kepada orang lain, tanpa disertai keraguan. Anak yang memiliki skill komunikasi yang baik akan menjadi Pembicara yang baik lebih percaya diri dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain.


3. Outstanding dibanding anak seumurnya.

Ketika anak mengembangkan skill komunikasi, otomatis kemampuan berpikir dan berbicaranya akan diatas rata-rata teman seusianya. Ini dapat menjadi nilai plus ketika anak sudah dewasa, berada di dunia kerja atau berkuliah. Ketika mereka bisa presentasi dengan lebih baik dari orang yang tidak melatih communication skill nya.


4. Meningkatkan produktivitas.

Anak dengan communication skill yang baik, ketika menjadi leader akan bisa menyemangati anggotanya bahkan membuat mereka menjadi produktif. Leader dengan kemampuan komunikasi yang baik juga akan lebih berwibawa dan disegani oleh orang lain.

Kemampuan komunikasi berhubungan dengan sekolah, bisnis, karir, membangun koneksi, persahabatan, dan bisa memperkuat ikatan keluarga. Anak-anak memiliki potensi besar yang perlu dikembangkan untuk masa depannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyisihkan waktu melatih keterampilan berkomunikasi dengan lebih baik.


Stay tuned at another Livesmart platform:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

5 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA