• LiveSmart Indonesia

Anak Study From Home? Ini yang bisa Parents Lakukan!



Di tengah penyebaran virus corona di Indonesia, sejumlah pemerintah daerah memberlakukan penghentian aktivitas pendidikan dengan Study From Home


Namun, kebanyakan anak-anak ketika belajar di rumah tidak konsentrasi dan lebih memilih untuk menggunakan Gadget dan bermain game. Hal tersebut menjadi tantagan tersendiri bagi parents pastinya.


Jadi apa sih yang bisa parents lakukan untuk membantu anak agar study from home bisa berjalan efektif?


berikut tips dari Livesmart!

1. Memberikan pemahaman pada anak bahwa tidak masuk sekolah bukan berarti libur, melainkan mereka tetap harus melakukan kewajibannya sebagai murid untuk tetap study from home.

Meskipun mengerjakan tugas dirumah, anak tidak serta merta tidak mengerjakan tugas dari sekolah, mereka biasanya diberikan tugas harian yang wajib diselesaikan dan dikumpulkan via Online misalnya Whatsapp/Line.


2. Disiplinkan anak dan buat suasana seakan anak disekolah. Hal kecil yang bisa dilakukan adalah memakai seragam di rumah agar anak tetap menyadari perannya sebagai murid dan melakukan kewajibannya untuk belajar. Hal ini dapat membawa dampak positif, konsentrasi anak meningkat karena anak dapat merasakan bahwa mereka berada di suasana sekolah dan bukan di rumah di mana mereka dapat bebas bermain gadget dan tidak mengerjakan tugas mereka.


3. Menciptakan suasana belajar yang kondusif. contohnya adalah siapkan ruangan belajar yang tenang dan membuat anak konsentrasi. Pencahayaan yang cukup, ruangan yang bersih dapat membuat anak lebih konsentrasi dan tenang sewaktu belajar, diusahakan juga mereka melakukan kegiatan belajar tidak terganggu dengan suara-suara bising dari luar ruangan.


4. Cek setiap beberapa jam apakah anak masih mengikuti pelajaran dengan baik. Terkadang, anak-anak mudah teralihkan jika mereka merasa lelah ataupun bosan. Parents sebaiknya mengecek dan memberikan mereka semangat lagi agar mereka tidak merasa bosan dan mengantuk karena tugas yang banyak.


5. Ajak anak diskusi tentang pelajaran apa saja yang ia pelajari di hari ini saat makan malam.

Berbeda dengan di sekolah anak dapat bertanya jika tidak memahami yang dipelajari hari ini, tidak ada guru di rumah. Namun parents dapat bertanya kepada mereka apa saja yang mereka pelajari hari ini dan apakah merasa kesulitan dengan tugas yang hari ini di dapat. Sehingga anak dapat benar-benar memahami dan mengerti tentang apa yang dipelajari hari ini.



Memang parents, tidak mudah untuk menjadi “Guru” dan menemani anak belajar di rumah, menemani mereka, dan memantau pelajaran yang mereka kerjakan. Namun diharapkan parents jangan menganggap hal ini menjadi “beban” sebaliknya parents bisa memanfaatkan situasi ini sebagai moment mendekatkan hubungan dengan anak di rumah.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter


147 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle