• LiveSmart Indonesia

5 Keuntungan Jika Kamu Punya Self Awareness yang Tinggi



Jika kamu punya semangat untuk memperbaiki diri jadi lebih baik lagi, maka self-awareness adalah hal utama yang harus kamu asah. Self-awareness atau kesadaran diri merupakan sikap yang berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan dan dampaknya terhadap orang lain. Saat kamu memiliki hal tersebut dan menjadikannya habit dalam keseharian, kamu berpotensi mengelola hal besar dan dipercayai dengan tanggungjawab penting.


Sikap kesadaran diri juga penting dibangun dalam segala segi kehidupan. Meski kamu hanya berada di rumah dan memiliki posisi sebagai ibu rumah tangga, sikap ini perlu kamu tumbuhkan. Apalagi untuk seseorang yang punya pekerjaan di luar rumah dan berhubungan dengan banyak relasi. Sikap ini sangat dibutuhkan agar keberlangsungan bekerja yang penuh dinamika dapat dihadapi dengan kepala dingin.


Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan:


1. Percaya diri dan jarang minder

Seseorang dengan tingkat self-awareness yang tinggi tidak akan mudah minder hampir dalam situasi apapun. Kamu punya rasa percaya diri setiap saat. Hal ini dipengaruhi oleh pertimbangan yang matang saat akan berbicara, bersikap atau mengungkapkan pendapat. Selain itu, tujuan yang jelas juga ikut terlibat.


Singkatnya, kamu punya tujuan dan alasan yang kuat untuk mengeluarkan pikiran tertentu lalu ingin diketahui oleh orang lain dengan cara menyampaikannya langsung dengan hati-hati karena ada dampak yang sudah diperhitungkan.


Tidak ada yang salah ketika kamu bertindak sebab semuanya sudah dipertimbangkan. Itulah hal yang membuat seseorang percaya diri.


2. Mampu berkomunikasi dengan efektif

Selain percaya diri, seseorang dengan self-awareness tinggi juga cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang baik atau efektif. Sebab, orang dengan tingkat kesadaran diri yang besar selalu mampu mengungkapkan pikirannya dengan baik dan teratur.


Hal ini juga dipengaruhi dengan tingkat percaya diri yang ada. Semakin besar rasa percaya dirinya, semakin besar pula efektivitas komunikasinya dengan orang dari berbagai kalangan.


3. Tidak mudah sakit hati

Orang dengan self-awareness tinggi juga tidak mudah tersinggung dan sakit hati kala ada yang memberi saran dan masukan. Sebab, ia sendiri menyadari bahwa ada kekurangan dari dirinya yang layak untuk diperbaiki dan ketika ada orang lain melihat dan menyatakan demikian membuat dia bersyukur dan berterima kasih.


4. Lebih Kreatif

Kreativitas seseorang bisa terpantik oleh berbagai faktor. Satu di antaranya adalah self-awareness yang tinggi. Kesadaran diri membuat seseorang mampu menerima saran, masukan dan kritik dengan baik. Hal-hal tersebut justru memacunya melakukan perubahan.


Proses kreativitas akan mengiringi usaha perbaikannya dari hari ke hari. Misalnya, dalam bekerja, ia mendapat kritik berupa kinerja yang tidak memuaskan. Maka, ia akan berupaya bekerja dengan eksplorasi mendalam agar hasilnya membuat pihak atasan tersenyum.


5. Karir jadi lebih sukses

Tentu saja self-awareness menjadi faktor penentu kesuksesan karir seseorang. Sebab, dengan sikap demikian, kita tidak bertahan dalam persepsi pribadi yang kadangkala menyesatkan.


Pandangan orang lain akan jauh lebih baik digunakan sebagai indikator perbaikan diri disertai relevansi. Itu sebabnya, orang yang mau belajar dan mudah diarahkan menjadikannya lebih sukses dalam bidang masing-masing.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

15 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA