• LiveSmart Indonesia

5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Tanpa Internet

Updated: Mar 19, 2019

Ini tahun 2019! Siapa sih yang nggak pakai internet?

Internet sudah menjadi bagian yang sangat besar dalam hidup kita dijaman sekarang. Dari mulai belajar, bermain, bahkan mencari nafkah, kebanyakan sudah menggunakan internet.


Tapi pernah nggak sih kamu bayangkan kalau tiba-tiba suatu saat internet tidak dapat diakses, entah untuk sementara waktu atau tidak? Kamu tahu nggak mau ngapain? Seberapa besarkah pengaruh internet dalam hidup kamu?


Berikut adalah 5 hal yang bisa kamu lakukan tanpa internet:


1. Family Quality Time

Terkadang internet – dalam kasus ini social media – yang seharusnya membuat hubungan antar manusia yang jauh menjadi dekat, ternyata banyak membuat yang dekat juga semakin jauh. Daripada panik saat internet sedang tidak dapat diakses, lebih baik kamu mempergunakan waktu yang ada untuk berkumpul dengan keluarga, dan berbicara lebih dengan mereka di dunia nyata. Istilah kerennya sih, disconnect to reconnect. Disconnect dari internet, reconnect dengan orang tersayang di sekitarmu.


2. Me Time

Banyak waktu dimana kita sangat terikat dengan internet, melalui gadget kita. Bahkan ketika kita sedang sendirian, kita masih bisa berkomunikasi melalui WhatsApp, Line, Facebook, Instagram, dan yang lainnya. Tangan kita cenderung gatal untuk melihat update terbaru dari teman-teman kita bahkan beberapa orang sudah reflek untuk membuka social medianya ketika waktu luang. Pernah nggak kamu bertanya pada diri sendiri, “Kapan sih terakhir kali aku punya waktu untuk benar-benar sendiri?”

Jangan salah, me time itu diperlukan juga loh untuk membuat diri kamu lebih rileks. Kamu juga bisa menggali potensi diri kamu karena pada saat itulah kamu benar-benar dapat memikirkan tentang diri kamu sendiri.


3. Membaca Buku Yang Tertunda

Hayo, sudah berapa banyak buku yang kamu punya namun belum terselesaikan karena selama ini sibuk mengakses internet? Pada kesempatan inilah kamu bisa memulai kembali untuk membaca buku-buku yang belum kamu sentuh lagi. Sayang kan, kalau dibiarkan saja duduk manis di rak buku kamu?


4. Menyusun Goal Hidup

Kesibukan yang kamu hadapi saat ini, apakah memiliki tujuannya tersendiri? Ataukah kamu hanya menjalankan saja apa yang dirasa perlu untuk dilakukan?

Momen tanpa akses internet ini dapat dimanfaatkan juga untuk mulai menentukan masa depan kamu ingin menjadi apa, untuk menentukan di manakah titik yang ingin kamu capai dalam hidup, dan menyusun rencana mengenai apa saja yang perlu dilakukan demi meraih tujuan kamu tersebut.


5. Olahraga

Yes you read that right, olahraga. Ketika ada akses internet, bagian tubuh kita yang olahraga kebanyakan adalah jari! Entah untuk mengetik, untuk scroll feed di Instagram, atau juga untuk bermain game. Ayo coba digantikan dengan olahraga seluruh badan kamu, keesokan harinya pasti kamu akan lebih punya energi untuk bangun. Dan siapa tahu, internetnya sudah bisa diakses kembali.


Itulah 5 hal yang bisa Livesmart berikan untuk menjadi inspirasi kamu di rumah ketika akses internet sedang mati. Dan walaupun sudah menyala kembali, jangan lupa untuk menyediakan waktu untuk lepas dari internet setiap beberapa waktu ya, agar orang-orang di sekitarmu dapat peran juga dalam hidupmu, begitu juga diri kamu sendiri.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

428 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA