• LiveSmart Indonesia

4 Cara Melatih Anak Agar Fokus



Kunci untuk meraih kesuksesan yang kita inginkan ialah fokus. Tanpa fokus, pekerjaan kita akan lebih tertunda karena pikiran kita terpecah ke banyak hal. Hal ini adalah salah satu hal penting yang harus kita tanamkan kepada anak kita agar mereka dapat mengontrol diri untuk lebih fokus dan dapat menggapai yang mereka inginkan di kemudian hari dengan cepat.


Yuk coba simak cara-cara di bawah ini!


1. Pilihan waktu belajar yang efektif

Pemilihan waktu dalam belajar itu sangatlah penting lho parents untuk melatih daya fokus anak, karena anak bisa memiliki waktu yang berbeda-beda.


Untuk itu sebaiknya orang tua memperhatikan waktu juga. Daripada kita mendorong anak belajar untuk konsentrasi dan meningkatkan fokus pada anak saat jam tidur, lebih baik kita mencari waktu dimana anak-anak masih sangat fresh untuk bisa lebih fokus misalnya dipagi hari.


2. Suasana yang mendukung

Setiap anak memang memiliki daya fokus dan konsentrasinya masing-masing, tidak ada salahnya setiap orang tua pun memberikan pengajaran yang berbeda-beda mislanya memberikan lingkungan yang yang tenang dan tentram terlebih dahulu, hal ini juga bisa melatih anak konsentrasi,


Meski ada juga anak yang berkembang pada lingkungan sibuk, orang tua juga bisa memberikan musik yang tenang dan penerangan yang cukup, sehingga anak juga bisa mengatur suasana hatinya. Khususnya saat tengah fokus dan konsentrasi mengerjakan pekerjaan rumah.


3. Membatasi penggunaan gadget

Bagi anak-anak yang sudah kecanduan gadget seperti ini, orang tua juga bisa mencari berbagai cara agar anak bisa menghilangkan kebiasaannya untuk bermain gadget terus-terusan, dengan cara menjauhkan gadget dari ruangan lain, misalnya menaruh hp, televisi dan juga komputer di dalam ruagan yang berbeda.


Jangan disatukan dengan ruang tempat dimana anak sedang belajar, hal ini juga bisa melatih fokus dan konsentrasi anak nantinya.


4. Menemukan metode yang tepat.

Setiap anak pasti memiiki cara yang berbeda agar bisa berkonsentrasi, begitupun dengan lamanya waktu dia bisa berkonsentrasi, sebaiknya orang tua juga bisa menemukan metode psikologi pendidikan yang tepat untuk anak, agar anak juga bisa terlatih untuk bisa fokus dan memiliki konsentrasi yang tepat untuk dirinya. Salah satunya dengan menghadiri workshop Livesmart yang diadakan di Jakarta dan Surabaya. Dengan bergabung dengan workshop kami, sang anak akan mengerti metode apakah yang mereka dapat gunakan sesuai dengan pribadi mereka masing-masing.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

Twitter

60 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle