• LiveSmart Indonesia

3 Wanita yang Menginspirasi Indonesia

Updated: Apr 23, 2019



Merayakan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April kemarin, Livesmart ingin share ke kamu nih, mengenai wanita-wanita yang mengharumkan nama Indonesia, yang telah bekerja keras demi majunya negara dan tanah air kita, Indonesia.


1. Sri Mulyani Indarwati

Siapa yang tidak mengenal nama ini? Sosok perempuan kelahiran Bandar Lampung ini sudah sangat terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Sri Mulyani Indarwati boleh kita sebut sebagai sosok Kartini modern yang memberikan inspirasi. Kapabilitas SMI, demikian nama beliau kerap disebut oleh media, sudah tidak perlu diragukan lagi.


Majalah Forbes menobatkan SMI sebagai wanita paling berpengaruh di urutan 38 pada tahun 2014. Yang terbaru, tahun 2018 ini, SMI didapuk sebagai menteri terbaik di Asia Pasifik oleh FinanceAsia karena dinilai piawai mengelola keuangan Indonesia. Gelar itu diberikan antara lain karena SMI dinilai berhasil menjaga stabilitas belanja negara dengan penurunan tingkat defisit dari proyeksi 2,9% menjadi 2,5%.

Sebelum menduduki jabatannya kini sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo, SMI menjabat sebagai Managing Director World Bank. Keputusannya mengambil tawaran posisi di World Bank ketika itu tidak bisa dilepaskan dari hiruk pikuk politik dalam negeri yaitu Isu Bank Century yang menyeret namanya.


2. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti adalah salah satu tokoh wanita Indonesia berprestasi yang menuai banyak kekaguman belakangan ini. Kiprah Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, Susi telah membuat banyak gebrakan yang besar.


Kisah hidup Susi terbilang unik. Ketika kelas 2 SMA, Susi harus menerima dikeluarkan dari sekolah akibat aktif dalam gerakan golput. Keputusan besarpun dia ambil dengan tidak melanjutkan sekolah dan lebih memilih banting setir berbisnis. Bermodal uang hasil penjualan perhiasannya tak sampai Rp 1 juta, Susi memutuskan menjadi pengepul ikan.


Usaha itu dia jalankan dari nol hinga berhasil menjadi bisnis yang besar. Bahkan Susi mendirikan maskapai penerbangan sendiri di bawah bendera Susi Air. Gaya Susi terbilang unik bin nyentrik yang membuatnya banyak disukai oleh khalayak. Di bawah kepemimpinan Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan tampil galak dan tegas. Misalnya, kebijakan dia meledakkan kapal-kapal negara lain yang melakukan aktivitas pemancingan ilegal di perairan Indonesia.


Inspirasi finansial dari Menteri Susi yang dapat kamu teladani adalah kegigihannya dalam mewujudkan cita-cita tanpa terhalang oleh keterbatasan gelar di ijazah. Susi mencontohkan bagaimana dia berhasil membangun sebuah bisnis yang sukses walaupun tidak tamat sekolah menengah atas.


3. Tri Rismaharini

Nama Tri Rismaharini dikenal sebagai sosok pemimpin daerah yang tegas, berani dan jujur. Sejak tahun 2011, Ibu Risma, begitu Tri Rismaharini biasa dipanggil, menjabat sebagai Walikota Surabaya wanita pertama.


Gaya kepimpinan Risma merakyat dan rendah hati, tak segan turun ke lapangan langsung mengurus segala yang menjadi tanggung jawab sebagai pemimpin kota pahlawan itu. Perempuan kelahiran tahun 1961 ini berhasil membawa Surabaya sebagai kota besar yang rapi dan bersih. Kiprah Risma yang blak-blakan kadangkala membuat para lawan politiknya gerah.


Tahun 2014 lalu, Risma berhasil meraih titel sebagai walikota terbaik di dunia nomer 3 menurut The City Mayor Foundation.


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

303 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA