• LiveSmart Indonesia

3 Tips Sukses Dalam Mencari Kerja Sebagai Fresh Graduate !

Updated: Mar 29, 2019



Fresh graduate adalah kehidupan baru, bagi pada remaja yang baru lulus kuliah untuk menjajaki dunia careernya, tapi permasalahan-nya “kok susah banget ya dapet kerja"! :


Pada Hari ini saja, banyak orang yang masih pengangguran ,dan tidaklah sedikit orang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi. Memang cukup banyak perusahaan yang menerima karyawan fresh graduate, namun jumlahnya kalah banyak dengan jumlah lulusan perguruan tinggi setiap tahun. Tidak adanya pengalaman menyebabkan fresh graduate  ‘kalah’ dalam persaingan bursa kerja.


Sebelum saya memulai untuk tips2 nya ,mari kita mulai pertanyaan untuk mengawali dengan topic pembahasan kita

Apa yang membedakan kamu dengan fresh graduate lainnya?



1. Kerja di perusahaan idaman !

Mari kita mulai dari Fresh graduate yang ingin mencari kerja di persusahaan idaman .

Dari personal kita masing2 ,kita mempunyai kriteria perusahaan yang kita inginkan dan,banyak perusahaan yang membuka lowongan bagi para fresh graduate ,tapi pertanyaannya ,apakah kita sebagai individu ,mempunya nilai yang cukup untuk di jual ?


Nilai di sini bukannya hasil IP kalian ataupun nilai dari hasil kuliah kalian .Tapi nilai2 yang berbeda yang dapat di lihat oleh perusahaan itu dari sekian banyak nya fresh graduate.

Ingat! tidaklah sedikit perusahaan- perusahaan yang mempunyai syarat2 yang cukup berat ,salah satunya seperti dinilai dari pengalaman kerja .


Perngalaman kerja yang seperti apa?Pengalaman kerja yang mulai dari 3 tahun pengalaman kerja sampai 10 tahun dan syarat2 lainnya yang hampir tidak mungkin di dapatkan oleh fresh graduate .

Karena itu tidaklah sedikit para pelajar yang start lebih awal dengan mencari magang atau intership untuk mendapatkan pengalaman ataupun networking yang berguna untuk merekomendasikan anda untuk mencari kerja

2. Mencari pekerjaan yang tepat!


Jadi bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai untuk anda ?

Apakah pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan apa yang kita sukai atau sesuai dengan apa yang kita perlajari selama ini? Apalagi kita sudah put so many effort saat kuliah ,yang memakan waktu 3-4 tahun, bahkan ada yang lebih.


Bagi para fresh graduate ada baiknya untuk memliih pekerjaan yang memberikan kalian kesempatan untuk mengexplore dan memperluas pengalaman kalian sebanyak banyaknya,ini termaksud dalam networking kalian . bayangkan jika kalian bekerja di perusahaan yang besar, mereka sudah mempunyai system dan juga Job desk untuk masing2 karyawan ,di mana kalian sudah duduk dan di siapkan segalanya ,untuk bekerja 8 jam setiap harinya.

Pernah dengar Roda perusahaan?Di situ anda hanya akan menjadi roda perusahaan, tanpa kalian perusahaan itu sudah bisa berjalan dengan sendirinya !

jadi kapan kalian bisa meng-explore lebih?


Sebaliknya ,jika kalian bekerja di perusahaan kecil ,system yang di buat belum sebaik perusahaan besar , dan kapasitas karyawannya belum terlalu besar ,keuntungannya adalah ,kalian dapat bertemu boss atau pun atasan kalian lebih mudah . di sini kalian dapat mengexplore lebih dan dapat bertanya2 lebih banyak (alias belajar)

dan sisi lainnya ,kalian akan bekerja di luar dari JOB DESK kalian !

Kedengannya memang mengesalkan ,tapi di sini apakah kita ingin mencari uang yang bersifat sementara atau pengalaman yang jadikan investasi kedepannya untuk kita?

Kelebihannya jika kalian bekerja di perusahaan besar ,saat kalian ingin pindah di perusahaan selanjutnya ,mereka akan mengenal perusahaan itu, tapi ingat perusahaan akan lebih melihat sosok individu saat di recomendasikan oleh orang-orang tertentu ,seperti boss kalian ataupun client kalian ,Balik lagi NETWORKING



3. Mempunyai 5 tahun kehidupan yang berarti

Bagi kalian yang membaca ini di bawah umur 30 tahun .ini adalah jendela kehidupan kalian ini yang sangat penting saat kalian hidup di era 20 -30 tahun .karena Bukan lah saat yang tepat untuk memikirkan perkerjaan yang dapat menghasilkan atau dapat meng-gaji kaliam paling banyak .

Memang benar, saat kalian muda ,ini moment2 kalian ingin mendapatkan apa yang kalian ,kebebasan kalian ,mempunyai uang sendiri di mana hal yang tidak bisa dapatkan di masa kecil kalian , dapat kalian peroleh sekarang ini ,mobil mewah ,rumah sendiri ,baju yang kalian inginkan .

Jika dari muda ,kalian sudah di kejar2 oleh hutang ,karena mengejar kemewahan ,atau

untuk membayar kebutuhan kalian semata2 hanya memenuhi gengsi kalian ,untuk impress orang2 yang sebenarnya juga kalian benci ,jadi buat apa?!

Di sini kalian jika kalian terikat oleh kerja dan mencari gaji atau pekerjaan yang bisa membayar kalian lebih ,bukan untuk meng-explore networking kalian dan pengalaman kalian lebih jauh .Dan pada akhirnya ,waktu yang akan membayar itu semua ,kalian sudah berumur 30tahun ataupun lebih sudah terikat oleh kerjaan kalian ,mau keluar susah ,karena sudah tergiur oleh uang atau gaji yang sudah kalian dapatkan setiap harinya .


So think about and use the opportunity while you are still early 20’s


Simak video di bawah ini ,yang dapat membantu kalian .ingin lanjut kuliah lagi atau lanjut kerja




30 views
LOGO.png
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Penjaringan, Jakarta Utara

Contact Us:

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle

©2020 BY LIVESMART INDONESIA