• LiveSmart Indonesia

3 Hal yang Diinginkan Anak Remaja dari Orang Tua

Updated: May 6, 2019



Saat anak sudah mulai menginjak remaja, pastinya akan ada banyak hal yang akan dialami dan dirasakannya untuk bisa menjadi dewasa. Usia remaja tentunya merupakan usia yang menjadi tantangan bagi mereka karena akan ada banyak hal baru untuk dieksplorasi. Jadi orang tua janganlah penuh khawatir dan melarangnya karena bisa saja ia sibuk sendiri karena ia ingin keluar dari zona nyaman dan ingin mencari pengalaman.


Sebagai orang tua, memang penting untuk mengontrol perilaku anak saat akan menuju usia dewasa. Memang anak seringkali tidak mau diganggu, namun ketahui 3 hal ini yang diinginkan mereka dari orang tua.


1. Anak ingin selalu dianggap bahwa ia baik-baik saja

Tugas sekolah yang banyak dan pergaulan rumit yang dialami oleh anaknya akan membuat orang tua cemas dan selalu menanyakan keadaannya sebagai bentuk perhatian. Tapi tahukah jika ia ingin dianggap baik-baik saja tanpa perlu ditanyakan? Pasalnya anak hanya ingin belajar hal baru, mencoba banyak kegagalan tanpa adanya bantuan darimu agar ia bisa sukses dalam hidupnya. Biarkan ia mengalami kegagalan karena hal itu bisa membuatnya sabar dan pantang menyerah saat menyelesaikan masalah ataupun menginginkan sesuatu.


2. Anak ingin selalu dimengerti

Ketahuilah bahwa anak juga ingin didengarkan dan ia ingin bercerita dengan segala perasaannya. Meskipun ia terlihat cuek, bukan berarti ia tidak mau mengobrol dengan orang tuanya. Jika ia mulai bercerita dengan orang tua, usahakan selalu siap dan dengarkan baik-baik apa yang ingin disampaikannya. Hal ini tentunya akan bisa membangun kedekatan dan bisa menunjukkan adanya rasa kepedulian dalam keluarga.


3. Anak ingin berjuang untuk mendapatkan sesuatu

Seorang anak tentunya sangat tidak suka dengan yang namanya aturan. Mereka ingin bisa menentukan pilihan sendiri dan bisa bertanggung jawab dalam hidupnya. Ia ingin belajar berkonsekuensi yang tidak hanya dipelajari di rumah saja, ia juga ingin belajar di mana saja dan kapan saja. Sebagai seorang remaja adalah kesempatannya untuk bisa mengembangkan diri lebih baik lagi sebelum anak akan beranjak dewasa.


Seorang remaja tentunya masih memiliki emosi yang belum stabil, tapi dengan adanya kehadiran sosok orang tua tentunya hal ini bisa mengontrol emosinya agar bisa lebih diperhatikan. Yuk mulai belajar cara memahaminya!


Stay tuned juga ya di platform Livesmart yang lainnya:

Facebook

Instagram

Spotify (Podcast)

8 views
  • Green Lake City, Ruko Colosseum No.12, Cengkareng, Jakarta Barat

  • UNION SPACE 6th floor. PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Penjaringan,

North Jakarta City, Jakarta 14470

©2020 BY LIVESMART INDONESIA

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter - Black Circle
  • LinkedIn - Black Circle